Perbincangan tentang Joko Widodo mendapat sokongan 3 kata kunci dan 3 tagar populer dengan total 1.408.719 twit. Sementara perbincangan tentang Anies Baswedan didukung 2 kata kunci dan 3 tagar populer dengan total 971.311 twit.
Sebagai kepala negara dan kepada daerah, baik Presiden Jokowi dan Anies, populer diperbincangkan terkait kesuksesan penyelenggaraan dua agenda balapan berskala internasional yang digelar di Indonesia.
Warganet menganggap Presiden Jokowi menjadi sosok di balik kesuksesan Moto GP Mandalika pada Maret 2022. Hal ini tampak dalam percakapan dengan kata kunci ‘Mandalika’ (410.985 twit) dan #IndonesianGP (409.578 twit).
Sementara itu, warganet juga menganggap Anies menjadi sosok di balik kesuksesan penyelenggaraan Formula E Jakarta pada Juni 2022. Percakapan ini didukung 1 tagar dan kata kunci populer, yaitu ‘Formula E’ (130.009 twit) dan #JakartaEPrix (121.633 twit).
Tak hanya itu, hasil penelitian juga menemukan, bahwa Presiden Jokowi dan Anies juga memperlihatkan rivalitas politik dalam posisinya sebagai pejabat negara.
Presiden Jokowi menjadi sasaran kritik warganet karena sejumlah kebijakan, seperti keputusan untuk menaikkan harga BBM, pemindahan ibukota, dan pendaftaran BPJS sebagai syarat sejumlah pelayanan publik.
“Kritik warganet ini terhadap sejumlah kebijakan pemerintah itu muncul melalui 1 tagar dan 2 kata kunci, yaitu #BatalkanKenaikanBBM (130.976 twit), ‘Nusantara’ (100.242 twit), dan ‘BPJS’ (46.412 twit),” tambah Teguh.
 
								 
													 
              
              
              
								










 
								 
													 
													 
													 
								