Play Video

Penggunaan Kahoot untuk Pembelajaran Matematika Interaktif

Keterangan foto:
Peserta didik menggunakan Kahoot untuk latihan soal
Oleh: Catherine Mentaya Kursius (Mahasiswa UMSA Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika)

 

Pembelajaran matematika merupakan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan untuk membangun keterlibatan peserta didik agar aktif mengembangkan potensi tentang matematika.

 

Untuk membantu dalam proses pembelajaran dibutuhkan media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan berupa media permainan khususnya Kahoot yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga hasil belajar mereka dapat meningkat.

 

Kahoot merupakan sebuah media berbasis permainan yang merupakan hasil dari sebuah proyek penelitian Lecture Quiz yang dimulai pada tahun 2006 di Universitas Sains Norwegia dan Teknologi (NTNU), dimana hasil dari eksperimen prototipe awal menunjukkan hasil yang positif dalam hal peningkatan keterlibatan motivasi dan persepsi pembelajaran.

Baca Juga :   Mendeteksi Perdagangan Orang (Trafficking) di Tingkat Hulu

 

Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis game yang pada awalnya hanya digunakan sebagai teknologi di bidang pendidikan baik di sekolah maupun di lembaga pendidikan lainnya.

 

Namun, sekarang Kahoot bisa digunakan sebagai sarana permainan yang dapat mengasah otak yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, meningkatkan keterlibatan dan motivasi, peserta didik lebih fokus, dan umpan balik yang efektif dan reflektif.

Lihat Berita Terkait

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berita yang mungkin anda suka!