Keterangan foto:
Seorang anak sedang mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri
Oleh: Catherine Mentaya Kursius (Mahasiswa UMSA Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika)
Discovery berasal dari kata “discover” yang berarti menemukan dan “discovery” adalah penemuan. Makna menemukan dalam pembelajaran mengarah pada pengertian memperoleh pengetahuan yang membawa kepada suatu pandangan atau penemuan prinsip secara mandiri. Cara belajar dengan menemukan (discovery learning) ini pertama kali dikenalkan oleh Plato dalam dialog antara Socrates dan seorang anak.
Discovery Learning dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan yang memungkinkan siswa untuk menemukan sendiri konsep dan prinsip matematika melalui proses aktif dan eksplorasi.
Pendekatan ini mendorong siswa untuk terlibat dalam proses mental, seperti mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan menarik kesimpulan. Dengan demikian, siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga membangun pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna.
Langkah-Langkah Discovery Learning:
1. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
Guru memberikan masalah atau pertanyaan yang menantang (pertanyaan pemantik) untuk memicu rasa ingin tahu siswa.
2. Identifikasi Masalah (Problem Statement)
Siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah atau pertanyaan yang ingin mereka pecahkan.