Keterangan foto:
Matematika Realistik pada siswa SD
Oleh: Catherine Mentaya Kursius (Mahasiswa UMSA Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika)
Realistic Mathematics Education (RME) adalah model pembelajaran yang menekankan bahwa belajar harus berorientasi pada hal-hal yang nyata dan kontekstual didalam kehidupan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan daya nalar siswa
tentang matematika sehingga dapat membantu siswa didalam memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan RME ini mempengaruhi pola pikir yang diperoleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Sesuai dengan teori Piaget dan Brunner, Piaget menyatakan bahwa anak Sekolah Dasar berada pada tahap operasional konkret. Siswa pada tahap ini dapat melakukan pengamatan secara langsung dengan menggunakan benda nyata yang dikaitkan dengan ide yang dimilikinya sehingga anak tersebut berpikir secara logis.
Brunner juga menyatakan bahwa peserta didik diberikan kesempatan dalam belajar mandiri sehingga materi yang didapatkan mudah diingat dalam waktu jangka panjang.
Realistic Mathematics Education memiliki beberapa tingkatan atau sintak pembelajaran. Sintak pembelajaran ini sebagai tahapan bagi siswa untuk mendalami konsep matematika secara menyeluruh dan bermakna. Terdapat lima tahapan model RME, yaitu: