Keterangan Foto:
Metaphorical Thinking untuk membangun pemahaman konseptual.
Ditulis Oleh: Catherine Mentaya Kursius (Mahasiswa UMSA Semester 6 Prodi Pendidikan Matematika)
Metaphorical Thinking adalah suatu konsep berpikir sekaligus aktivitas mental yang menekankan pada kemampuan siswa dalam menghubungkan ide matematis dengan fenomena yang ada di sekitarnya serta memodelkan situasi matematis yang dimaknai dari sudut pandang mereka menggunakan metafora.
Pendekatan ini relevan dalam proses pembelajaran matematika karena konsep berpikir yang menekankan pada hubungan antara matematika dan fenomena nyata yang ada disekitar.
Jadi Metaphorical Thinking merupakan fakta bahwa sebagian besar proses berpikir manusia dan sistem pemahamannya bersifat konseptual.
Pemahaman konseptual adalah pemahaman yang relevan dengan fondasi awal suatu ide yang bersifat abstrak, sehingga melibatkan pemahaman tentang hubungan dan prinsip yang mendasari fenomena.
Pemahaman konseptual dapat diperoleh melalui proses bernalar kritis dan melakukan refleksi, misalnya pemahaman tentang konsep dasar matematika, tata bahasa, atau sosial humaniora.
Dengan memiliki pengetahuan konseptual yang kuat, seseorang dapat menghubungkan dan menerapkan konsep-konsep berbeda dalam berbagai konteks.