Menu

Play Video

Krisis Gaza: Warga Kekurangan Makanan dan Air Bersih

BEENEWS.CO.ID – Kondisi memilukan terjadi di Gaza, di mana warga terpaksa memakan rumput dan meminum air limbah demi bertahan hidup. Hanan Balkhy, Direktur Regional Mediterania Timur dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengungkapkan bahwa warga Gaza mengalami kesulitan pangan dan air minum. Mereka tidak bisa meminum air bersih dan mengkonsumsi makanan yang tidak layak dimakan.

 

Situasi ini memiliki dampak jangka panjang terutama terhadap kesehatan anak-anak.

 

Saat dilansir dari CNA “Di Gaza, ada orang yang makan makanan hewan, makan rumput, dan minum air limbah,” kata Balkhy Kamis (6/6/2024).

 

“Truk-truk yang mnegirim bantuan tertahan di luar Rafah, akibat hal tersebut anak-anak hamipr tidak bisa makan,” tambahnya.

 

Balkhy juga menyebutkan bahwa perang antara Israel dan Hamas memberikan dampak besar pada layanan kesehatan di wilayah tersebut. Hal ini membuat WHO mendesak peningkatan akses bantuan ke wilayah yang terkepung.

 

Balkhy mengatakan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk pasien di Gaza, di mana 11.000 orang yang sakit kritis dan terluka membutuhkan evakuasi medis segera.

 

“Pasien yang telah dievakuasi mengalami trauma yang sangat kompleks. Dari patah tulang, infeksi organisme yang resisten terhadap berbagai obat, hingga anak-anak yang mengalami cacat berat,” jelas Balkhy.

 

Karena layanan kesehatan yang tidak memadai untuk merehabilitasi dan merawat korban seperti ini,” lanjutnya.

 

Kondisi ini memberikan beban berat bagi sistem kesehatan yang rapuh di negara-negara tetangga yang menjadi tuan rumah, terutama Mesir.

 

Selain itu, Balkhy juga menyoroti dampak jangka pendek dan panjang dari konflik terhadap anak-anak, termasuk dampak buruk terhadap upaya kesehatan dasar masyarakat seperti akses air bersih, makanan sehat, imunisasi rutin, serta peningkatan kerentanan anak-anak terhadap penyakit seperti campak, cacar air, diare, dan penyakit pernapasan.

 

“Ini akan berdampak besar pada kesehatan mental. Akan ada sindrom stres pasca-trauma yang parah,” kata Balkhy memperingatkan.

 

“Saya pikir, bagi anak-anak yang telah mendengar dan mengalami kebakaran serta kehancuran, akan membutuhkan banyak upaya untuk memulihkan mereka.”


Balkhy menyebut bahwa banyak pihak yang memberikan bantuan untuk membangun kembali sistem kesehatan di Gaza yang hancur. Namun, tanpa perdamaian, hal itu tidak akan mungkin terjadi.

(Ayudia)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha