Menu

Play Video

Ini Tanggapan Gibran setelah Anwar Usman Dinyatakan Bersalah oleh MKMK, “Kami Hormati Putusannya”

Walikota Solo Gibran Rakabuming raka hormati Putusan MKMK

 

SOLO, BEENEWS.CO.ID – Anwar Usman diberhentikan dari posisi ketua MK oleh MKMK karena terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap perilaku hakim konstitusi, seperti yang ditunjukkan oleh Sapta Karsa Hutama, Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip Integritas, Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan.

 

Dalam keputusan yang dibuat oleh Jimly Asshiddiqie, ketua MKMK, bersama dengan dua anggotanya, Wahiduddin Adams dan Bintan R. Saragih, Anwar Usman tidak berhak untuk mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai Ketua MK sampai jabatannya berakir.

 

Keputusan tersebut mendapat tanggapan dari bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka, dia menghormati segala keputusan Majelis kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

 

“Ya kami hormati saja, keputusan yang ada di sana,” kata Gibran Rakabuming Raka saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (8/11/2023) siang, menanggapi keputusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang memberikan sanksi berat kepada Ketua MK Anwar Usman.

 

Sebelum ini, enam hakim Mahkamah Konstitusi (MK) diberi teguran lisan karena terbukti tidak menjaga informasi sehingga hasil rapat permusyawaratan hakim (RPH) tentang batas usia kandidat presiden dan cawapres bocor kepada publik.

 

Manahan Sitompul, Enny Nurbaningsih, Suhartoyo, Wahiduddin Adams, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan M. Guntur Hamzah adalah enam hakim konstitusi.

 

Saat Jimly membaca putusannya, dia mengatakan bahwa para hakim terlapor tidak menjaga keterangan atau informasi RPH. Dia dianggap telah membiarkan praktik ini melanggar kode etik.

 

Oleh karena itu, terbukti bahwa para hakim terlapor melanggar prinsip kepantasan dan kesopanan Sapta Karsa Hutama. Jimly mengatakan, “Majelis Kehormatan merekomendasikan supaya hakim konstitusi tidak boleh membiarkan kebiasaan praktik saling pengaruh memengaruhi antarhakim dalam penentuan sikap dan memutus perkara.”

 

Jimly juga menyatakan bahwa kebiasaan membiarkan pelanggaran etika melemahkan sembilan pilar konstitusi yang kuat, Jimly mengatakan “Amar putusan, memutuskan,” menyatakan. Pertama, terbukti bahwa para hakim terlapor melanggar Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama, Prinsip Kepantasan dan Kesopanan. Kedua, menjatuhkan sanksi teguran lisan kolektif kepada para hakim terlapor.”

 

Diketahui bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi bernomor 90/PUU-XXI/2023 menuai kontroversi karena dianggap mendukung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan keponakan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, untuk maju sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Putusan MK itu menuai protes dari banyak pihak, menyebabkan 21 gugatan ke MKMK.

 

Selain itu, MKMK tidak memiliki otoritas untuk memeriksa keputusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 mengenai persyaratan usia calon presiden dan cawapres yang harus paling rendah empat puluh tahun atau pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah.

 

Menurut Wahiduddin Adams, anggota MKMK, MKMK diberi wewenang untuk mengawasi dan mencakup segala upaya yang bertujuan untuk melindungi dan menegakkan kehormatan, keluhuran, dan martabat, serta kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

 

Namun, kata Wahiduddin, MKMK tidak memiliki wewenang untuk melakukan penilaian hukum terhadap keputusan MK. Dia juga menyatakan bahwa MKMK tidak dapat memperdebatkan keabsahan putusan MK.

(Lauren)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Lalu Lintas Padat, Relawan Ambil Sikap

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Peningkatan jumlah penduduk yang terjadi di Kotawaringin Timur, khususnya Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang menyebabkan padatnya lalu lintas, terutama di pagi

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha