Menu

Play Video

Nekat Pinjam Uang di Bank Pakai Identitas Palsu, Dua Perempuan Diciduk Polisi

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Dua perempuan berinisial NMC (31) dan EW (45), warga Malang, harus berurusan dengan pihak kepolisian Probolinggo karena nekat memalsukan dokumen pribadi untuk meminjam uang di Bank.

 

Dari penangkapan ini, polisi berhasil menyita sejumlah dokumen guna disimpan sebagai barang bukti, diantaranya adalah surat dan dokumen palsu seperti sertifikat, KTP, serta stempel dan laptop.

 

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani menjelaskan bahwa kasus ini terbongkar usai pihak bank melaporkan tindak pidana penipuan.

 

“Kami dihubungi oleh pihak bank pemerintah karena adanya kejanggalan atas pengajuan pinjaman uang menggunakan identitas palsu. Dari situ anggota Satreskrim lalu melakukan kroscek dan ternyata nasabah itu palsu,” mengutip Wadi, Sabtu (11/11/2023).

 

Wadi menerangkan bahwa pelaku EW yang menggunakan identitas Yati diketahui berbohong saat pihak bank cek ke Dispeduk dan catatan sipil sebagai salah satu prosedur sebelum pencairan pinjaman.

 

“Lalu tersangka ini kami minta datang untuk kami klarifikasi dan minta keterangan, setelah semua unsur tindak pidananya terpenuhi tersangka lalu dibawa ke Mapolres untuk tindak lanjutnya. Kalau untuk tersangka satunya, perannya membuat surat dan identitas palsu lainnya,” ucap Wadi.

 

Kedua tersangka kini dikenakan pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) KUHP Juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan surat-surat dan menggunakan surat-surat palsu dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.


“Dari pemeriksaan sementara, para tersangka ini sebelumnya juga melancarkan aksinya di TKP lain selain di Kota Probolinggo, yaitu di wilayah Malang dan Kabupaten Probolinggo dan sudah mendapat uang sebesar Rp 75 juta dari hasil penipuan ini,” tutupnya.

(Jeni)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Satresnarkoba Polresta Sleman Sita 1 Kg Ganja

YOGYAKARTA, BEENEWS.CO.ID.- Peredaran narkotika golongan 1 jenis ganja berhasil dibongkar oleh Jajaran Satuan Narkotika Polresta Sleman.   Peredaran narkotika ini berasal dari  jaringan Gunungkidul, Sleman

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha