Menu

Play Video

Topan Gabrielle Hantam Selandia Baru, Siaga Darurat Nasional Diterapkan

BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Selandia Baru mengumumkan siaga darurat nasional, pada Selasa (14/02/2023) waktu setempat.

 

Topan Gabrielle telah menghantam pulau utara Selandia Baru dengan angin kencang dan hujan, serta gelombang besar secara terus menerus sejak Minggu (12/02/2023) malam.

 

Kondisi ini memaksa negara Selandia Baru menerapkan siaga darurat nasional.

 

“Ini merupakan ketiga kalinya dalam sejarah Selandia Baru, negara menerapkan siaga darurat nasional”, ungkap Menteri Penanggulangan Darurat, Kieran McAnulty.

 

Siaga darurat ini mewajibkan Pemerintah Selandia Baru untuk menyediakan sumber daya dan pasokan tambahan secara nasional, serta memprioritaskan upaya tanggap darurat di daerah yang paling terdampak.

 

Sebelumnya Kota Auckland yang merupakan kota terbesar di Selandia Baru, diperingatkan untuk siaga terhadap hujan badai, banjir, dan angin kencang yang memungkinkan diperlukan evakuasi.

 

Berdasarkan pernyataan dari Dinas Darurat Bencana Kota Auckland, beberapa rumah di daerah Muriwai mengalami kerusakan akibat tanah longsor yang disebabkan oleh hujan badai.

 

Selain itu, beberapa daerah seperti Piha, Kare-Kare, dan Bethells terisolasi karena banjir.

 

Menurut Badan Meterologi  Klimatologi dan Geofisika Selandia Baru, topan ini akan meluas dan menjadi peristiwa alam ‘yang signifikan’.

 

Selain itu, juga diprediksikan angin kencang akan terus berhembus selama 24 hingga 36 jam dan berdampak pada daerah pesisir pantai timur yang berdekatan pada daerah Pulau Utara dan Pulau Selatan, yang akan secara bertahap mereda pada Rabu sore.

 

Dilansir dari media Reuters, Perdana Menteri Selandia Baru, Chris Hipkins, pada Senin (13/02/2023), mengumumkan dana sebesar 11,5 juta dollar Selandia Baru atau setara sekitar Rp109 miliar, disiapkan untuk bantuan masyarakat.

 

Pada Senin kemarin, beberapa kantor pemerintahan serta sekolah di Auckland dan Pulau Utara telah ditutup serta masyarakat diminta untuk tidak bepergian.

 

Upaya evakuasi telah diperintahkan untuk masyarakat di daerah pesisir timur karena kemungkinan munculnya badai pada Selasa siang.

(Lauren)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Jepang Bantu Ukraina, Kirim Alat Pendeteksi Ranjau

BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Jepang melalui The Japan International Cooperation Agency (JICA) atau Agensi Kerjasama Internasional Jepang telah menyediakan bantuan berupa alat pendeteksi ranjau untuk pihak

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha