Menu

Play Video

Sidang Perdana Praperadilan Eks Wali Kota Blitar Singkat dan Dijaga Ketat

BLITAR, BEENEWS.CO.ID – Kasus pencurian di Rumah Dinas (Rumdin) Wali Kota Blitar yang menyeret mantan Wali Kota Blitar Samanhudi , hari ini, Selasa (14/02/2023), mengagendakan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Blitar.

 

Tim kuasa hukum dari Samanhudi membacakan permohonan gugatan atas penetapan kliennya sebagai tersangka oleh Polda Jatim di persidangan yang dipimpin oleh hakim Taufik Nur Hidayat.

 

Perwakilan dari Polda Jatim turut hadir dalam sidang tersebut.

 

“Intinya kami berpendapat bahwa penetapan tersangka kepada Pak Samanhudi oleh Polda Jatim tidak sesuai prosedur,” ujar Juru bicara tim kuasa hukum pemohon, Hendi Priono kepada wartawan.

 

Hendi berdalih, bahwa penetapan kliennya sebagai tersangka tidak sesuai dengan Putusan MK Nomor 21/PUU-XII/2014 yang berisi, bahwa penetapan tersangka harus melalui pemeriksaan sebagai seorang saksi.

 

“Info dari Pak Samanhudi Anwar, beliau belum pernah dipanggil dan diperiksa (sebagai saksi) tapi tiba-tiba sudah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Hendi.

 

Selain itu, Hendi juga menyebutkan Pasal 184 Ayat (1) KUHAP tentang penetapan tersangka terhadap seseorang harus didasarkan pada minimal 2 alat bukti.

 

Sementara menurut tim kuasa hukum Samanhudi, penyidik Polda Jatim menetapkan Samanhudi sebagai tersangka hanya berdasarkan keterangan dari salah satu tersangka pencurian rumdin Wali Kota Blitar.

 

Persidangan yang berlangsung singkat hanya selama 15 menit tersebut dijaga ketat oleh personel Polsek Sananwetan, Polres Blitar Kota.

(Jeni)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Tiket Pesawat Mahal, H. Abdul Rasyid AS Buka Suara

KOBAR, BEENEWS.CO.ID – Mahalnya harga tiket penerbangan domestik di Pangkalanbun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menjadi salah satu persoalan bagi masyarakat. Tokoh masyarakat dan pengusaha

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha