Menu

Play Video

Sekda Kalteng Pimpin Apel Peringatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2023

Sekda Kalteng H. Nuryakin

PALANGKA RAYA, BEENEWS.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin pimpin Apel Peringatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2023, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalteng, Senin (13/02/2023).

 

Peringatan K3 kali ini mengusung tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

 

Pada kesempatan ini, Sekda membacakan sambutan Menaker RI yang menyampaikan bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul didukung adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan dan peningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, yaitu dengan membangun budaya K3 yang baik.

 

Lebih lanjut Sekda mengatakan, bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung dan berperan aktif dimasukkannya K3 pada kerangka kerja prinsip-prinsip dan hak-hak mendasar International Labour Organization (ILO) di tempat kerja yang telah disahkan menjadi Resolusi pada Sidang Ketenagakerjaan Internasional ke-110 di Jenewa, pada Juni 2022 yang mana Indonesia mengakui bahwa K3 merupakan salah satu bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM).

 

“Memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2023 ini harus menjadi fokus utama yaitu masalah kesehatan tenaga kerja, yakni masih tingginya penderita TBC di tempat kerja, menurut WHO Global TBC Report  2021, Indonesia masuk dalam 5 (lima) besar negara dengan jumlah kasus TBC nomor 2 (dua) di dunia,” kata Nuryakin.

 

Guna mengatasi masalah kesehatan tenaga kerja, Kemenaker telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkolosis (TBC) di Tempat Kerja sebagai tindak lanjut amandemen Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021, tentang Penanggulangan TBC.

 

Peringatan K3 dirangkai dengan penyerahan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang ada di Kabupaten/Kota se-Kalteng, yaitu Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident); Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan (Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS); serta Penghargaan Program dan Penanggulangan Covid-19 di tempat kerja dan Penyerahan Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

 

Turut hadir dalam pelaksanaan  Apel Bulan K3 ini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wadji dan ASN di lingkup Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, serta para pengusaha terkait.

(Anton)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Usai Nyoblos, Ganjar: Menang Kalah Sama Saja

Ganjar Klaim Seluruh Paslon Siap untuk Menang dan Kalah   JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, diketahui juga telah menggunakan hak pilihnya

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha