Menu

Play Video

Curah Hujan Tinggi, Kota Solo Terancam Banjir

SOLO, BEENEWS.CO.ID – Dalam tiga hari terakhir ini curah hujan di seputaran Kota Solo sangat tinggi, hingga menyebabkan meningkatnya debit air di Sungai Bengawan Solo.

 

Dilihat pada gambar diatas menunjukan tingginya debit air di pintu air Pucang Sawit, Kecamatan Jebres Surakarta.

 

Pada Jumat malam (10/02/2023), karena debit air sungai yang cukup tinggi akibatnya tanggul jebol, sehingga air sungai membanjiri sebagian daerah di kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

 

Titik banjir juga terdeteksi di bantaran Sungai Bengawan Solo tepatnya di Kelurahan Jebres. Hingga saat ini banjir masih menggenangi beberapa titik di daerah Kelurahan Jebres.

 

Kepala harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Agus Putranto menjelaskan, banjir mulai terlihat pada hari sabtu dini hari pukul 00.13 WIB.

 

“Lokasi tanggul yang jebol berada di RT.002 RW.12, Kelurahan Pasar Kliwon. Serta lokasi rumah warga yang tegenang banjir berada di RW 36 dan RW 21. Rumah yang tergenang banjir di RW 36 dan 21 masing-masing jumlahnya 52 rumah,” jelasnya.

 

Warga yang rumahnya tergenang banjir mengungsi ke Masjid Al Khoir.

 

BPBD juga turut serta berkordinasi dengan pemangku wilayah dan turut serta membantu dalam mengevakuasi korban banjir.

 

“Ada yang terdampak di RW 21 dan RW 36 kurang lebih ada 315 orang. Di RW 21 kita ungsikan di masjid terdekat itu ada 200 an orang,” ucap Agus.

 

Warga setempat berinisiasi membuat dapur darurat untuk membantu warga yang terdampak banjir, kebutuhan logistik juga sudah dipasok sejak pagi hari.

 

Ismoyo (45), warga Pucang Sawit yang bertempat tinggal di dekat pintu air mengatakan kekhawatirannya jika hujan tak kunjung berhenti tanggul tidak dapat menahan debit air yang akan mengakibatkan banjir.

 

“Iso banjir tenan iki mas nik udan terus, tanggule ora iso nahan banyu yo akir e bludak (bisa banjir beneran ini mas jika hujan terus, tanggulnya tidak bisa menahan air ya akirnya meluap),” ucapnya, Minggu (12/02/2023).

(Lauren)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

7 Rumah di Sampit Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Baamang Hulu, Kotim, hanguskan 7 buah rumah milik warga, Kamis (13/04/2023) KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Untuk kesekian kalinya musibah kebakaran kembali

Sandiaga Uno Bersama Gibran Temui Ketua DPC PDIP Solo

SURAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengunjungi kediaman Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha