Menu

Play Video

Ini Pesan Srikandi Ditlantas Polda Kalteng, ‘Mari Tertib Berlalu Lintas’

PALANGKA RAYA, BEENEWS.CO.ID – Melalui etika berlalu lintas maka  terciptalah Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

 

Dengan adanya etika berlalu lintas, maka pelanggaran dan kecelakaan dapat diminimalisir.

 

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol Heru Sutopo, melalui Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Ditlantas Polda Kalteng, AKBP Woro Budi Hastuti, mengatakan etika berlalu lintas penting dimiliki oleh setiap pengendara, baik roda dua dan roda empat.

 

Etika berlalu lintas dapat berarti apabila memakai helm SNI, mempunyai SIM dan membawa surat kendaraan, tidak menaiki atau berkendara di atas trotoar dan wajib menyalakan lampu di siang hari.

 

Untuk pengendara roda empat, selain turut wajib mempunyai SIM dan surat kendaraan, juga wajib menggunakan lampu isyarat saat berhenti, berbelok maupun balik arah, menjaga jarak aman kendaraan dan terpenting memakai sabuk pengaman saat berkendara.

 

“Saat berada di persimpangan juga ada etika lalu lintas yang harus dipenuhi sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 133,” katanya, Sabtu (11/02/2023).

 

Ia menambahkan, di persimpangan yang tidak dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas , pengemudi wajib memberikan hak utama kepada kendaraan yang datang dari arah depan dan atau dari arah cabang persimpangan yang lain jika hal itu dinyatakan dengan rambu lalu lintas.

 

Kendaraan dari jalan utama jika pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

 

Kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan sebelah kiri jika cabang persimpangan 4 atau lebih dan sama besar.

 

Lalu kendaraan yang datang dari arah cabang sebelah kiri di persimpangan 3 yang tidak tegak lurus atau kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan yang lurus pada persimpangan 3 tegak lurus.

 

“Mari sama-sama tertib berlalu lintas, gunakan helm standar yang telah ditentukan, sabuk keselamatan dan menghargai pengguna jalan lain serta mengurangi kecepatan. Utamakan keselamatan bukan kecepatan. Salam tertib lalu lintas,” tutup Woro.

(Anton)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha