Menu

Play Video

Terkena Gempa, Suriah Minta Sanksi Internasionalnya Dicabut

BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Suriah menggunakan kesempatan musibah gempa yang melanda negaranya untuk meminta sanksi internasionalnya dicabut.

 

Pernyataan dari Utusan Suriah bagi PBB, Bassam Al-Sabbagh menyebutkan pada Rabu pagi (8/02/2023) kemarin, pesawat-pesawat internasional menolak untuk mendarat di bandara Suriah karena adanya sanksi dari AS dan negara-negara Eropa.

 

“Bahkan dari negara-negara yang ingin mengirimkan bantuan kemanusiaan, mereka tidak bisa menggunakan pesawat kargo karena adanya sanksi,” ujarnya.

 

Kelompok kemanusiaan Suriah, Bulan Sabit Merah Arab Suriah juga memohonkan diangkatnya sanksi. Kelompok ini mengaku juga siap mengirimkan bantuan ke daerah yang dikuasai oposisi.

 

Dilansir dari media CNN, beberapa analis politik setuju jika rezim pemerintahan Suriah bisa saja mengeksploitasi musibah yang terjadi untuk kepentingan politik mereka.

 

Charles Lister, Direktur Program Anti Terorisme dan Ekstremisme Suriah dari Institut Timur Tengah di AS mengatakan, “ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk rezim tersebut meminta pencabutan sanksinya. Karena jika sanksi dijatuhkan maka akan memunculkan situasi geopolitik yang lebih kompleks.”

 

Sejauh ini pihak AS belum mengubah keputusannya dalam pencabutan sanksi.

 

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan, “Ini akan cukup ironis, bagi kami jika kami yang harus membicarakan dengan pemerintahan yang telah menganiaya warganya sendiri selama belasan tahun, yang membantai mereka dan bertanggungjawab atas penderitaan masyarakatnya.”

 

Sanksi terhadap Suriah yang diterapkan sejak tahun 2012 lalu, sejauh ini termasuk larangan impor, investasi infrastruktur, alat senjata dan militer, larangan kunjungan dari luar, dan larangan aliran keuangan untuk individu maupun kelompok yang berhubungan dengan Pemerintah Suriah.

 

Selain itu juga adanya komitmen dalam pengurangan hubungan diplomatik dengan rezim pemerintahan Suriah untuk membatasi upaya ekspor barang yang digunakan untuk kebutuhan militer.

(Lauren)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha