Menu

Play Video

Kemnaker: 25 Ribu Lebih Pekerja Jadi Korban PHK 2022

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah, melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), menyebut bahwa ada lebih dari 25 ribu pekerja di Indonesia harus mengalami nasib yang tidak menguntungkan. Lantaran, mereka harus menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), di sepanjang tahun 2022.

 

Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI JSK) Kemnaker, Indah Anggoro Putri.

 

Indah mengutarakan, bahwa jumlah pekerja yang menjadi korban PHK berasal dari berbagai daerah dan sektor industri.

 

“Jumlah tenaga kerja ter-PHK sampai Desember 2022 sebanyak 25.114 orang,” ujar Indah, Rabu (8/02/2023).

 

Lebih lanjut, ia menyebutkan secara mendalam, bahwa jumlah pekerja yang terdampak PHK beragam. Dengan jumlah paling banyak di wilayah Jawa Barat sebanyak 4.629 orang, lalu disusul Jawa Timur sebanyak 3.574 orang.

 

Kemudian, untuk bidang pekerja yang paling banyak terdampak menjadi korban PHK, berasal dari aneka sektor industri dan industri dasar, dengan total mencapai 5.805 orang. Serta sektor pertambangan sebanyak 5.192 orang.

 

Sementara itu, untuk jumlah yang paling sedikit menjadi korban PHK adalah pekerja yang berasal dari sektor pendidikan, dengan jumlah hanya 105 orang, dari seluruh wilayah Indonesia.

 

Tak cukup sampai di situ, Indah juga menyebutkan, bahwa selain Korban PHK, juga ada pekerja yang menjadi korban harus dirumahkan.

 

Bahkan, sepanjang 2022, data Kemnaker mencatat sebanyak 8.813 pekerja, terpaksa harus di rumahkan.

 

Terakhir, Indah menyebut, bahwa memasuki awal 2023, masih belum ada laporan terkait perusahaan yang melakukan tindakan PHK atau dirumahkan ke Kemnaker. Baik perusahaan tersebut sudah melakukan, ataupun akan melakukan PHK.

 

“Belum ada data (PHK tahun ini),” pungkas Indah.

(Abdul)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Polda Kalteng Bagikan 300 Takjil Bagi Masyarakat

PALANGKA RAYA, BEENEWS.CO.ID – Hari pertama puasa Ramadan 1444 H, Polda Kalteng turunkan sejumlah personelnya guna membagikan takjil kepada masyarakat dan pengemudi kendaraan yang melintas

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha