Menu

Play Video

Aliran Bantuan Deras ke Turki, Suriah Terlupakan

BEENEWS.CO.ID – Pasca gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/02/2023), yang menewaskan lebih dari 11.000 jiwa, Turki telah menerima kucuran bantuan dari puluhan negara.

 

Di sisi lain jangkauan bantuan ke Suriah dirasa kurang, sehingga menimbulkan keprihatinan bagi korban di sisi Suriah.

 

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Direktur Regional Amnesti Internasional untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Aya Majzoub, bahwa Suriah telah menderita sebelum adanya gempa.

 

“Warga Suriah tidak boleh dilupakan”, ujarnya.

 

Pengamat melihat isu ini sebagai dampak politik. Turki yang merupakan anggota NATO, sedangkan Suriah negaranya terpecah belah dari rezim Bashar Al-Assad dan beberapa kelompok oposisi menciptakan kerumitan dalam upaya penyaluran bantuan.

 

Ditambah, rezim pemerintahan Suriah telah dijauhi oleh negara-negara barat dan  mendapatkan sanksi secara internasional karena isu penindasan terhadap pemberontak sejak tahun 2011.

 

Dilansir dari media CNN, gempa mengguncang sebagian besar daerah di Suriah yang mana beberapa daerah dikuasai oleh rezim, sedangkan yang lainnya dikuasai oleh pasukan oposisi seperti Kelompok Kurdi dan Pejuang Islamis Sunni.

 

“Daerah ini masih zona aktif konflik, krisis Suriah masih jauh dari selesai”, ungkap Charles Lister, Direktur Program Anti Terorisme dan Ekstremisme Suriah.

 

“Hal ini menimbulkan kerumitan bagi misi pengiriman bantuan PBB”, imbuhnya.

 

70 Negara dan 14 organisasi internasional telah menawarkan bantuan untuk Turki termasuk AS, Inggris, Uni Emirat Arab, Israel, dan Rusia.

 

Sedangkan situasi bantuan internasional bagi Suriah masih belum jelas.

 

Sejauh ini hanya Uni Emirat Arab, Irak, Iran, Libiya, Mesir, Algeria, dan India yang telah mengirim bantuan secara langsung ke Suriah.

 

Negara lainnya seperti Afghanistan, Arab Saudi, Qatar, Oman, Tiongkok, Kanada, dan Vatikan mengatakan siap membantu Suriah, namun masih belum jelas bantuan tersebut akan secara langsung ke pemerintah Suriah.

 

Sejauh ini pemerintahan rezim di Suriah bersikeras mengatakan bahwa semua bantuan bagi Suriah termasuk yang ditujukan ke daerah yang dikuasai oposisi, secara langsung diarahkan ke Ibukota, Damaskus.

 

Perwakilan Suriah untuk PBB, Bassam Al-Sabbagh mengatakan, pihaknya siap untuk bekerjasama dengan siapapun yang ingin membantu Suriah, dari dalam Suriah, sehingga akses dari dalam Suriah itu tetap ada.

 

“Jadi siapapun yang ingin membantu Suriah bisa berkoordinasi langsung dengan Pemerintah, dan kami akan siap melakukannya”, ujarnya.

 

Namun hal ini dikhawatirkan oleh aktivis kemanusiaan dan pengamat jika nantinya justru rezim pemerintahan yang menghambat bantuan bagi korban gempa di wilayah kekuasaan oposisi.

 

Hal ini diungkapkan oleh Mai El-Sadany yang menyebutkan bahwa rezim Bashar Al-Assad telah menyedot serta memblok bantuan untuk menjangkau area di luar kekuasaan pemerintahannya.

 

“Komunitas internasional harus segera mencari cara untuk memastikan bantuan darurat dapat sampai ke korban gempa di barat laut Suriah (Sebagian dikuasai oposisi),” ujarnya.

 

Sejauh ini, bantuan dari PBB untuk wilayah yang dikuasai oposisi dilakukan melalui wilayah perbatasan dengan Turki tanpa perlu melewati persetujuan pemerintah Suriah.

 

Di barat laut Suriah, dimana sekitar 4,1 juta orang sebelumnya telah bergantung pada bantuan kemanusiaan, perselisihan politik dan militer antara pemerintah dan oposisi hanya memperburuk situasi sampainya bantuan internasional untuk mereka.

(Lauren)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

IRT di Deliserdang Gagalkan Aksi Penjambretan

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Seorang ibu rumah tangga bernama Fitria Ningsih (38), menjadi korban penjambretan saat ia mengendarai sepeda motornya di Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha