Menu

Play Video

Update Kondisi Gempa Turki dan Suriah: Jumlah Korban Tewas Capai Ribuan

Foto Evakuasi Paska Gempa Turki dan Suriah

BEENEWS.CO.ID – Jumlah korban gempa yang ditemukan terus bertambah dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Lebih dari 4.300 korban tewas di Turki dan Suriah akibat gempa pada Senin kemarin.

 

Hal ini diperparah dengan setidaknya 100 kali gempa susulan yang mengakibatkan kerusakan banyaknya bangunan dan menyulitkan proses evakuasi.

 

Ketua Badan Pelayanan Bencana Turki, Yunus Sezer pada konferensi pers Senin malam kemarin menjelaskan setidaknya 2.921 warga Turki ditemukan tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

 

Gempa susulan juga terus mengguncang daerah Turki, menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi tim SAR dan korban yang dievakuasi karena adanya ancaman runtuhnya bangunan lain.

 

Selain itu kondisi cuaca dan parahnya gempa menyulitkan tim bantuan logistik untuk sampai ke daerah terdampak gempa.

 

Dilansir dari media CNN, Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca menambahkan bahwa helikopter pengirim bantuan kesulitan untuk berangkat pada Senin kemarin karena adanya badai salju.

 

Namun pada Senin malam telah dilaporkan setidaknya 300.000 selimut, 24.712 kasur, dan 19.722 tenda telah dikirim ke daerah terdampak gempa.

 

Menurut keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) setidaknya terdapat 5.600 bangunan hancur akibat gempa, salah satunya rumah sakit umum milik negara, Iskenderun.

 

Kondisi pasca gempa di Suriah, ditemukan setidaknya 1.136 warga tewas dan berpotensi terus bertambah, karena masih banyaknya korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.

 

Koordinator Bantuan Kemanusiaan dari PBB untuk Suriah, El-Mostafa Benlamlih, menyatakan bahwa misi pencarian dan penyelamatan terhambat karena kekurangan alat berat untuk menyingkirkan reruntuhan.

 

Namun ia juga menjelaskan bahwa suplai logistik dari PBB telah terdistribusikan seperti, obat, alat kesehatan, dan air bersih.

 

“Banyak warga mengandalkan tangki-tangki penyimpanan air. Kebanyakan tangki air telah jatuh dan rusak. Mereka sangat memerlukan tangki air tersebut dan meminta agar segera diperbaiki atau diganti”, ujar El-Mostafa.

 

Sekitar 4 juta orang di Suriah Utara yang terdampak gempa, sebelumnya telah bergantung pada bantuan kemanusiaan akibat perang saudara.

 

Banyak rumah sakit telah penuh dan kewalahan karena banyaknya korban serta ditambah dengan berkurangnya jumlah infrastruktur kesehatan yang rusak akibat gempa.

 

Selain itu adanya kekhawatiran menyebarnya penyakit seperti kolera akibat dari cuaca ekstrim.

 

Lembaga Pertahanan Sipil Suriah, White Helmets, mengatakan bahwa organisasinya juga kekurangan sumber daya untuk menanggulangi bencana ini.

(Lauren)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha