Menu

Play Video

Intel AS: Balon Udara Tiongkok Memang Alat Operasi Pengintai Militer

BEENEWS.CO.ID – Badan Intelijen Amerika Serikat menyebutkan, balon udara yang baru saja diamankan pada Minggu (5/02/2023) kemarin, merupakan bagian dari program mata-mata yang dijalankan oleh militer Tiongkok.

 

Pada Selasa (7/02/2023), pihak Intelijen AS menjelaskan progam mata-mata ini diduga mengerahkan beberapa balon udara yang sama yang dijalankan dari Provisi Hainan, Tiongkok.

 

Pihak Intelijen Amerika melaporkan program tersebut telah menjalankan setidaknya 24 misi pengintaian pada 5 benua beberapa tahun belakangan ini.

 

Meskipun tidak semua balon udara yang terlihat di seluruh dunia memiliki ukuran dan model yang sama dengan balon udara yang jatuh di pesisir Carolina Selatan pada Minggu kemarin, akan tetapi pihak Intelijen AS menyebutkan adanya berbagai variasi model dari balon udara pengintai.

 

Dilansir dari media CNN, tim teknisi FBI sedang menjalankan penelitian di lab Quantico, Virginia untuk mengetahui apa saja informasi yang telah dikumpukan dari balon udara yang jatuh kemarin.

 

Menurut pernyataan dari Komandan Komando Utara AS, Jendral Glen VanHerck, dengan menggunakan teknologi dari Agen Keamanan Nasional (NSA) telah berhasil mengumpulkan beberapa informasi mengenai sinyal yang dipakai balon udara tersebut.

 

“Saat balon udara sudah di tangan kami, kami bisa melihat teknologinya, kami bisa membuat ulang rantai pasokannya, mengetahui siapa yang membantu membuatnya, dan komponen apa saja yang penting pada alat itu”, ujar Jendral Glen VanHerck.

 

Upaya pengumpulan informasi secara keseluruhan masih dijalankan. informasi yang telah dikumpulkan dari balon udara tersebut masih belum diketahui karena kondisi balon yang cukup rusak saat ditembak jatuh.

 

Tujuan utama dari Pemerintah Tiongkok masih belum jelas karena Tiongkok terus saja membantah bahwa alat tersebut hanya sebuah balon udara cuaca.

(Lauren)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha