Menu

Play Video

Gerak Cepat TNI Evakuasi Pilot, Penumpang dan Pekerja di Papua

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus bergerak cepat dalam upaya untuk membantu proses evakuasi warga yang terjebak di Kawasan Nduga, Papua.

 

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, pun langsung mengerahkan pasukannya untuk mengevakuasi pilot dan penumpang Pesawat Susi Air, serta 15 pekerja puskesmas.

 

Panglima Yudo mengatakan, proses evakuasi dilakukan, lantaran belasan orang tersebut terjebak dan dalam pelarian di wilayah yang dikuasai oleh Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), pimpinan Egianus Kogoya.

 

“Nanti akan kita usahakan evakuasi hari ini dan pasukan ke sana. Itu yang 15 orang, sama yang 4 orang yang penumpangnya, ini perlu dievakuasi, ya perlu dibawa keluar dari situ,” ujar Panglima Yudo, disela-sela Rapat Pimpinan TNI-Polri, di Hotel Sultan, Rabu (8/02/2023).

 

Lebih lanjut, Panglima Yudo juga menepis kabar yang beredar, bahwa Pilot Pesawat Susi Air, yakni Kapten Philips Max Marthin, telah disandera oleh kelompok Kogoya.

 

Yudo mengatakan, bahwa pilot tersebut sedang melarikan diri, pasca insiden pembakaran oleh kelompok OPM di Bandara Distrik Paro, Nduga, pada Selasa (7/02/2023) kemarin.

 

“Enggak ada penyanderaan, enggak ada, dia selamatkan diri itu,” tambahnya.

 

Sebelumnya, OPM telah mengakui, bahwa pihaknya telah membakar Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, di Bandara Distrik Paro, Nduga, Papua.

 

“Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BVY di lapangan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” ujar Panglima TPNPB Ndugama-Derakma, Egianus Kogoya.

 

Tak hanya membakar, Egianus juga membenarkan, bahwa pihaknya telah menyandera pilot pesawat yang bernama Kapten Philips. Di mana penyanderaan tersebut diakui merupakan kali kedua, yang dilakukan oleh kelompok tersebut.

 

TPNPB juga mengaku tak akan melepaskan pilot tersebut hingga beberapa tuntutannya dipenuhi. Di antaranya, meminta penerbangan jalur masuk ke Kabupaten Nduga dihentikan.

(Abdul)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha