Menu

Play Video

Jumlah Pengangguran di Yogyakarta Mulai Tereduksi

YOGYAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah tingkat pengangguran. Angka pengangguran terbuka di Kota Yogyakarta tercatat naik selama pandemi Covid-19.

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Yogya, Mainil Asni, mengatakan sebelum pandemi Covid-19 tingkat pengangguran kota Yogyakarta ada dikisaran 6,8 persen dan angka ini naik selama pandemi mulai memasuki tanah air hingga naik pada angka 9 persen.

 

“Secara umum, tingkat pengangguran di Kota Yogyakarta memang mengalami kenaikan karena efek pandemi Covid-19 kemarin,” ujarnya, Senin (6/02/2023).

 

Hal ini disebabkan salah satunya adalah karena terpuruknya sektor pariwisata dan pendidikan yang nyaris berhenti total. Ini dapat dilihat dari tidak adanya aktivitas di jalan Malioboro dan Universitas yang tidak mengadakan kuliah secara luring.

 

“Kita sama-sama melihat misalnya Malioboro hampir tidak ada aktivitas, kampus-kampus itu tidak ada mahasiswa yang masuk (luring),” tambah Mainil.

 

Ia menambahkan, sedikit banyak tingkat pengangguran naik secara signifikan karena masyarakat yang menggantungkan pendapatan pada usaha kuliner dan kos-kosan tidak mendapatkan pendapatan yang sama seperti sebelum terdampak pandemi Covid-19.

 

“Sarana pendukung seperti usaha kuliner, kos-kosan, kosong semua. Itu sedikit banyak menyebabkan tingkat pengangguran Kota Yogyakarta naik cukup tinggi selama 2020,” jelas Mainil.

 

Namun seiring berjalannya waktu, bersama dengan  perekonomian yang mulai bangkit, jumlah pengangguran perlahan mulai tereduksi.

 

Tak hanya itu, Kota Yogya juga menunjukan repson positif pasca pandemi berupa angka pengangguran sepanjang 2022 lalu mengalami penurunan yang signifikan.

 

“Sejak 2021 mulai turun dan semakin membaik pada 2022. Kemarin 2020 sempat diangka 9 persen, sekarang per akhir 2022 lalu sudah ada di angka 7 persen,” pungkas Mainil.

(Lauren)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha