Menu

Play Video

Dana APBN Belum Cair, DPR Minta Kepala Badan Otoritaria IKN Cari Investor

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah dimulai. Namun, hingga saat ini belum ada Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 dari pemerintah pusat ke badan otorita yang menyebabkan belum ada kucuran dana dari APBN.

 

Hal tersebut disoroti oleh Anggota Komisi XI DPR RI Bertu Merlas, saat rapat dengan Badan Otorita.

 

Bertu mengatakan, di tengah situasi saat ini Kepala Badan Otoritaria IKN harus mencari cara meyakinkan investor untuk mulai berinvestasi. Sebab, jika hanya menunggu APBN akan lama.

 

“Saya kira kalau APBN tentunya melalui tahapan. Ada tahapan yang harus kita lalui sehingga anggaran itu bisa meluncur. Tapi kalau swasta, tidak ada APBN, tidak ada tahap yang harus,” ujar Bertu, di Senayan, Jakarta, Senin (6/02/2023).

 

Ia menyebutkan, bahwa saat ini IKN belum menunjukkan pembangunan signifikan.

 

Menurutnya Badan Otoritaria IKN harus segera dapat memecahkan masalah yang masih menghambat. Jika tidak, dikhawatirkan pembangunan IKN akan mandek.

 

“Kalau di manajemen itu ya pak, ada plan-do-action-check. Sampai sekarang yang saya lihat (pembangunan IKN) baru plan aja belum do karena sampai sekarang juga seperti yang Bapak sampaikan bahwa DIPA juga belum ada, uangnya juga belum ada. Nah, bagaimana Bapak bisa menyelesaikan [target] 559 hari lagi ini?” tanya Bertu.

 

Bertu menyarankan, agar Badan Otorita perlu melakukan koordinasi dengan berbagai instansi seperti Kementerian-PU karena juga memiliki anggaran yang ditujukan untuk pembangunan IKN.

 

“Ini sebagai masukan saja dari saya bahwa Bapak juga harus berkoordinasi dengan Kementerian-PU. Bahwa di situ juga ada anggaran untuk memulai (pembangunan IKN). Jadi sudah nampak dulu pemerintah ini serius baru para investor ini yakin untuk memulai dari proses pembangunan di ibukota negara ini,” tutur kader PKB tersebut.

(Fakhry)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha