Menu

Play Video

Diduga Alat Mata-mata, AS Tembak Jatuh Balon Udara Milik Tiongkok

Foto Balon Udara Yg Ditembak Jatuh

BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan telah menembak jatuh sebuah balon udara yang terbang di atas perairan Atlantik.

 

Presiden Biden telah perintahkan misi untuk menjatuhkan balon udara tersebut dengan menugaskan sebuah pesawat tempur F-22 milik Angkatan Udara AS.

 

Balon udara tersebut pertama kali terlihat pada awal pekan ini melintasi langit daerah Montana, hingga terbang ke lautan Atlantik pada Sabtu (04/02/2023) waktu setempat.

 

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, menekankan bahwa balon udara milik Tiongkok itu merupakan alat untuk memata-matai teritorial AS dan bukan untuk kegunaan sipil.

 

“Ini adalah balon udara pengintai milik Republik Rakyat Tiongkok. Balon pengintai ini dengan sengaja melintasi wilayah Amerika Serikat dan Kanada, dan kami yakin balon ini berupaya memantau pusat militer yang sensitif,” ujar Menteri Austin.

 

Dilansir dari media CNN, sebelumnya, Presiden Biden pada Kamis (2/02/2023), berikan Pentagon wewenang untuk menembak jatuh balon udara tersebut.

 

Namun penembakan harus menunggu setelah balon melewati wilayah pemukiman padat penduduk, untuk menghindari resiko kecelakan akibat puing-puing yang berjatuhan.

“Kementerian Pertahanan telah mengembangkan opsi untuk menjatuhkan balon dengan aman di atas perairan teritorial kita, sambil memantau dengan cermat jalur pergerakan dan aktivitas pengumpulan intelijennya. Tindakan yang disengaja dan sah hari ini menunjukkan bahwa Presiden Biden dan tim keamanan nasionalnya akan selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan rakyat Amerika sambil menanggapi secara efektif pelanggaran kedaulatan (dari Republik Rakyat Tiongkok) yang tidak dapat diterima,” imbuh Menteri Austin.

 

Beberapa kapal Angkatan Laut AS berkumpul di perairan jatuhnya balon untuk mengumpulkan puing-puing balon udara.

 

Selanjutnya, sisa-sisa dari balon pengintai Tiongkok ini akan dibawa ke laboratorium FBI di Quantico, Virginia, untuk dianalisis oleh pakar FBI dan badan intelijen.

(Lauren)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Hasil Drawing Babak 16 Besar UCL 2023/24

Hasil Drawing 16 Besar UCL 2023/24.   JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Drawing Babak 16 Besar UEFA Champions League (UCL), baru saja tuntas digelar. Hasilnya, drawing tersebut

Gempa Bumi 3,2 Magnitudo Guncang Binjai

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Gempa bumi berkekuatan 3,2 magnitudo mengguncang wilayah Provinsi Sumatera Utara. Kota Binjai merupakan wilayah terdekat pusat gempa.   Kabar terkait itu di-posting

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha