Menu

Play Video

Selundupkan Sabu dari Malaysia ke Indonesia, 3 Tersangka Divonis Hukuman Mati

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Tiga tersangka kasus narkoba berinisial RC, NA, dan CW dijatuhi vonis hukuman mati. Ketiganya terbukti bersalah karena kepemilikan sabu seberat 14 kilogram dan 1.896 butir pil ekstasi yang dibawa dan dimasukan dari Malaysia ke Indonesia.

 

Majelis Hakim Oloan Silalahi dari Pengadilan Negeri Kota Medan dalam putusannya menjatuhkan hukuman pidana mati kepada ketiga tersangka.

 

Oloan menilai, ketiganya terbukti telah melanggar Pasal 114 ayat 2 Pidana. UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo. Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Hal yang memberatkan para tersangka adalah karena membawa narkotika dari Malaysia melalui jalur laut.

 

“Menjatuhkan hukuman kepada ketiga tersangka masing-masing dengan hukuman pidana mati,” ucap hakim Oloan Silalahi, Kamis (2/2/2023).

 

Vonis hakim tersebut serupa dengan tuntutan jaksa pada persidangan sebelumnya, yang menuntut ketiganya dengan hukuman pidana mati, pada Rabu (4/1/2023).

 

Setelah majelis hakim membacakan putusannya, hakim memberikan kesempatan kepada jaksa dan ketiga terdakwa lewat penasihat hukumnya untuk mengajukan banding apabila tidak sepakat dengan putusan tersebut.

 

Dalam dakwaan jaksa, mereka bertiga sebelumnya ditangkap oleh Satres Polda Sumatera Utara di rest area Tol Pekanbaru-Dumai.

 

Ketika digeledah, petugas menemukan 14 kg sabu dan ribuan pil ekstasi dari mobil yang mereka kendarai.

 

Barang haram tersebut akan dibawa ketiganya ke Pekanbaru, atas suruhan seseorang bernama Abing seorang DPO.

 

Tugas RC adalah menerima narkotika jenis sabu yang akan diantar dari Malaysia untuk masuk ke Indonesia. RC menunggu di darat dan akan mengantarkan barang haram itu kepada penerima sesuai dengan arahan dari AB.

 

Setelah menerima barang tersebut, RC langsung menghubungi kedua rekannya NA dan CW, untuk ikut mengantarkan barang tersebut ke Pekanbaru.

(Ayudia)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha