Menu

Play Video

Sri Mulyani Minta Penerima Beasiswa LPDP Pulang Pasca Studi Selesai

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, meminta para alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), untuk pulang ke Indonesia.

 

Permintaan itu diutarakan, pasca penerima beasiswa menyelesaikan pendidikannya di luar negeri.

 

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Sri Mulyani, saat mengisi acara Kuliah Umum: Ketahanan Ekonomi dalam Perspektif Lokal, Nasional, dan Global. Yang bertempat di Aula STKIP PGRI Sumenep, Jawa Timur.

 

“Saya suka khawatir kalau ada orang yang semakin pintar sekolah ke luar negeri terus lupa menjadi orang Indonesia,” ujar Ani, sapaan akrabnya, pada, Jumat (3/02/23).

 

Lebih lanjut, Ani mengatakan, bahwa para alumni penerima beasiswa LPDP tersebut sudah diberikan kebebasan dalam menentukan pilihan.

 

Mulai dari dalam menentukan jurusan, hingga universitas pilihan, baik di dalam maupun luar negeri.

 

Di mana tujuannya hanya satu, yakni agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan seluas-luasnya, serta pengalaman sebanyak-banyaknya, di tingkat pendidikan tinggi tersebut.

 

Sehingga Ani berharap, para alumni tersebut bisa pulang dengan membawa dan membuka cakrawala untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa.

 

Berdasarkan catatan, Ani pun menyebutkan, bahwa jumlah penerima beasiswa LPDP sejak 2013 adalah sebanyak 35.536 orang.

 

Data tersebut terdiri dari afirmasi 8.569 orang, targeted group 8.295 orang, dan umum 18.672 orang.

 

“Dari 35 ribu yang sudah disekolahkan, terdapat lebih dari 18 ribu alumni,” tambahnya.

 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut bahkan menjelaskan, bahwa seluruh penerima beasiswa LPDP tersebut dibiayai oleh hasil investasi dana abadi pendidikan, yang mencapai lebih dari Rp 120 Triliun. Dengan hasil investasi mencapai Rp 6 Triliun.

 

Secara khusus, jika dirinci lebih lanjut, pada Tahun 2022 saja, penerima beasiswa LPDP mencapai 5.664 orang. Terdiri dari jenjang magister 4.837 orang (85,4%), dan doktor 827 orang (14,6%).

 

Dan bila ditelaah dari programnya, terdiri dari program dalam negeri 2.716 orang (47,6%), luar negeri 2.743 orang (48,4%), dan program Putra Putri Papua 205 orang (4%) belum menentukan dalam atau luar negeri.

(Abdul)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Akhir Cerita Pembunuhan Brigadir J?

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Sidang kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat telah mencapai babak akhir, setelah sidang vonis ke lima yang terhitung sejak Senin (13/02/2023) telah dilaksanakan

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha