Menu

Play Video

DPRD DIY Dukung Penuh Bansos Seumur Hidup

Sri Sultan Hamengkubuwono X

YOGYAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Dukungan penuh disampaikan oleh DPRD DIY dalam rangka rencana Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk memberikan bantuan sosial seumur hidup bagi warga miskin berusia 60 tahun keatas.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana.

 

“Kami mendukung penuh rencana Ngarsa Dalem. Apa pun untuk mengurangi angka kemiskinan DPRD DIY tidak pernah menolak,” ungkapnya.

 

Disebutkan juga program tersebut dapat segera terealisasikan pada 2023 dengan menggunakan dana keistimewaan atau APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) perubahan 2023.

 

Namun jika menggunakan APBD perubahan, program tersebut baru dapat terlaksana pada September 2023 ini.

 

Menurut Huda, selain dapat memperkecil angka kemiskinan di DIY, warga yang tergolong termasuk dalam warga miskin perlu mendapatkan bansos agar dapat mengangkat kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

 

“Masyarakat yang tergolong seperti ini memang berhak dan semestinya menjadi tanggung jawab negara sebagaimana dicantumkan dalam UUD 1945, misal lansia yang miskin, disabilitas berat, dan sebagainya,” pungkas Huda.

 

Dalam proses menyaluran bantuan sosial ini, pihaknya meminta proses pendataan harus dilakukan secara seksama dan sesuai dengan anggaran yang dialokasikan agar tepat sasaran.

 

Sebelumnya, Gubernur DIY membuat sebuah wacana untuk mengucurkan bantuan sosial seumur hidup bagi warga miskin yang berusia diatas 60 tahun menanggapi data dari Badan Pusat Statistik yang mengatakan Jogja menjadi provinsi termiskin di pulau Jawa.

 

“Kalau saya, ya, sudah kira-kira yang umurnya 60 tahun lebih sampai 70 tahun, dia pendidikannya mungkin hanya SD, tidak punya fasilitas apapun, tidak bisa bekerja, ya, sudah dibantu saja sampai meninggal,” ungkap Sultan.

 

Terkait wacana program ini, antara Gubernur dan jajaran eksekutif serta pimpinan DPRD DIY telah berdialog.

 

Untuk tahap awal, akan dilakukan uji coba di Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

(Lauren)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Irjen Pol Nanang Avianto

Kapolda Audiensi Bersama BPN Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA, BEEWES.CO.ID – Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, menerima kunjungan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalteng, di ruang kerjanya, Senin (09/01/2023).  

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha