Menu

Play Video

Modus Terbaru Pembobolan Rekening dengan Menyebar Undangan Pernikahan Elektronik

BEENEWS.CO.ID – Terjadi lagi modus pembobolan rekening terbaru yaitu melalui undangan pernikahan elektronik melalui WhatsApp.

 

Baru-baru ini salah seorang nasabah bank membagikan ceritanya di media sosial sesaat ia kehilangan sejumlah uangnya di dalam rekening setelah mengklik tautan undangan pernikahan tersebut.

 

Cara kerjanya, pelaku berpura-pura sebagai pihak pengirim undangan dengan mengirimkan file ekstensi APK dan disertai foto undangan pernikahan kepada korban.

 

Korban pun lalu diminta untuk mengklik dan menginstal aplikasi tersebut.

 

Korban selanjutnya harus menyetujui hak akses terhadap beberapa aplikasi, kemudian dari sana data pribadi yang bersifat rahasia dalam handphone korban bisa dicuri oleh pelaku.

 

Data yang dicuri bisa berbagai macam, bisa data yang bersifat pribadi melalui masuknya informasi melewati SMS, termasuk data perbankan yang bersifat rahasia seperti OTP.

 

Nasabah pun diminta agar selalu tetap waspada untuk menjaga kerahasiaan data pribadi terhadap berbagai modus tindak kejahatan social engineering.

 

Kerahasiaan data pribadi dan data transaksi perbankan harus terus tetap dijaga, tidak hanya oleh pihak bank, namun juga oleh para nasabah.

(Ayudia)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Satlantas Polres Kotim Launching Inovasi Kelakai

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Untuk membantu mempermudah masyarakat dalam melakukan uji praktik dan teori pembuatan SIM, Satuan Lalu Lintas (Satlantas ) Polres Kotim, melaunching inovasi Kelakai

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha