Menu

Play Video

Kemenhub Kawal Langsung Proyek KCJB yang Ditargetkan Rampung Juni 2023

Kemenhub Kawal Proyek KCJB

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah terus menggeber pengerjaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), agar bisa segera rampung.

 

Mewakili pemerintah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun berkomitmen untuk mengawal langsung pengerjaan proyek KCJB, yang saat ini, progres pembangunannya telah mencapai sekitar 84%.

 

Bahkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyatakan akan terus mengawal pengerjaan KCJB, yang ditargetkan bisa rampung pada Juni 2023.

 

Sehingga bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), proyek KCJB dapat dioperasikan secara komersial pada Juli 2023.

 

“Pak Luhut (Menkomarves), Pak Erick (Menteri BUMN), dan saya, ditugaskan Bapak Presiden untuk mengawal proyek ini. Kereta ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa kita,” ujar Menhub Budi, saat meninjau proyek KCJB di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/01/2023).

 

Menhub Budi menambahkan, bahwa keberadaan Kereta Cepat sangat diperlukan untuk membantu mengatasi berbagai persoalan publik, melalui transportasi publik.

 

Presiden Jokowi pun menantang Kemenhub, untuk bisa membangun transportasi publik agar bisa mengurangi kerugian yang ditimbulkan akibat macet, meski membutuhkan biaya yang sangat besar.

 

Lebih lanjut, Menhub Budi juga memaparkan, bahwa, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama, yang memiliki Kereta Cepat, dengan kecepatan hingga 360 Km/jam. Serta berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman SDM di bidang perkeretaapian.

 

“Pembangunan MRT, LRT, dan kereta cepat yang berteknologi tinggi, dapat menjadi laboratorium bagi anak bangsa untuk belajar,” ujarnya.

 

“Di negara Eropa, Jepang, dan lainnya sudah biasa membangun. Oleh karenanya, kita harus melakukan suatu hal yang baru, agar kita memiliki pengalaman dan bisa membangun infrastruktur transportasi publik dengan lebih baik lagi ke depannya,” lanjutnya.

 

Sebagai tambahan, pengerjaan Proyek KCJB dipastikan akan terus berlangsung guna menyelesaikan beberapa tahapan, seperti track laying, sistem listrik aliran atas, dan penyiapan akses dan integrasi antar moda yang memudahkan akses masyarakat.

 

Dalam mempersiapkan operasional KCJB, pemerintah juga menggandeng dua perusahaan konsultan asal Inggris, yaitu The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia.

(Abdul)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha