Menu

Play Video

Wapres RI Hadiri Haul Akbar Guru Sekumpul ke 18

KH Ma'ruf Amin hadiri Haul Guru Sekumpul ke 18

BANJAR, BEENEWS.CO.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin hadiri Haul Guru Sekumpul ke 18 yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

 

Sebanyak 42 Posko berdiri ditepi jalan untuk menyambut kedatangan para jamaah Abah Guru Sekumpul ke-18. 

 

Sepanjang jalan hingga memasuki kawasan acara, warga membludak bersama para pedagang kaki lima (PKL) yang mengadu rezeki demi menyongsong keberkahan haul akbar tersebut.

 

“Saya hormati Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Almukarom KH Guru Wildan, serta para alim ulama yang berhadir. Haul ini membawa keberkahan, beliau (KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani) sebelum dan sesudah wafatnya sangat membawa keberkahan,” ucap Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Beenews.co.id, Kamis (26/1/2023) malam.

 

Mengutip dari hadist Nabi Muhammad SAW, Ma’ruf menyebut, barangsiapa berziarah semasa hidupnya. Dalam hal itu, dia menyampaikan bahwa disuruh menziarah semasa hidupnya, dan termasuk semasa wafatnya. 

 

“Karena beliau (Guru Sekumpul), adalah orang yang sholeh,” ujarnya.

 

Ma’ruf mengungkapkan, bahwa mencintai seorang ulama atau Wali Allah, maka orang yang mencintai hal tersebut akan mendapatkan kegembiraan dunia dan akherat.

 

“Sebab, mencintai itu bukan hanya dilihat dari hal-hal yang Zhohir (baik) maupun Bathil (buruk). Seseorang mencintai Allah, juga terhadap manusia maka orang itu terjaga dalam dzikirnya,” ungkap Ma’ruf.

 

Ma’ruf pun menyampaikan bahwa sebaik seseorang itu takjim dengan alim ulama agar terjaga dalam ibadahnya. 

 

Karena, menurutnya bahwa mendoakan para Wali Allah maka ganjaran hidupnya akan senantiasa baik ke depannya.

 

“Para habaib dan alim ulama, serta jamaah yang ulun (saya) cintai dan hormati. Ini merupakan kerinduan yang mendalam, kurang lebih sekitar 3 tahun lamanya. Kalimantan Selatan tidak merasakan luar biasa ihwal suasana seperti ini dalam agenda Haul Besar, almarhum tuan Abah Guru Sekumpul (KH Muhammad Zaini) ke 18,” ucap Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor ketika membuka acara tersebut.

 

Sahbirin mengucap terima kasih kepada sejumlah relawan yang berpartisipasi dalam membantu berjalannya haul akbar tersebut.

 

Kepada jamaah Abah Guru Sekumpul, dia juga berbahagia atas kehadiran para warga Kalsel maupun luar daerah yang turut berkumpul di kediamannya tersebut.

 

“Jika ada kekurangan dalam menjamu para jamaah Abah Guru Sekumpul. Mohon kiranya diampuni dan maaf,” tandasnya. 

(Rahim Arza)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha