Menu

Play Video

Pentingnya Transformasi Pendidikan, Shobikhol Berikan Instruksi kepada Sejumlah Guru di HST

Seminar Yayasan SIT Al-Khair

HULU SUNGAI TENGAH, BEENEWS.CO.ID – Yayasan SIT Al-Khair menggelar Seminar Pendidikan Nasional bertajuk Transfomasi Pendidikan dalam Membangun Generasi Emas Indonesia di Aula SIT Al-Khair Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

 

Sejumlah guru se-Kabupaten HST dan para Ustad-ustadzah SIT Al-Khair, mengikuti seminar pendidikan nasional tersebut demi menunjang aspek kinerja dalam mengajar dan menciptakan generasi anak muda sekarang.

 

“Harus ada gerakan sekolah yang menyenangkan. Gerakan ramah anak, bagaimana pun anak tetap terlihat senang. Itulah transformasi pendidikan,” ucap Dr Shobikhol Qisom, Ketua Share Edu Indonesia kepada Beenews.co.id, Selasa (24/1/2023).

 

Dalam acara, Shobikhol menyinggung bahwa dirinya merupakan kinestetik, sebuah kecerdasan meliputi motorik yang aktif. Sementara, dia menyebut bahwa kebanyakan peserta nampak memiliki kecerdasan visual dan audio. 

 

“Dalam hitungan waktu, saya hitung satu sampai tiga maka berdiri,” ucap Shobikhol kepada seluruh guru.

 

Sebelum hitungan terakhir, para guru berdiri langsung. Dengan tersenyum, Shobikhol menyebut bahwa itulah orang yang bersifat audio dengan cepat menerima instruksi. 

 

Lantas, dia menyuruh sejumlah guru agar mencari dan memilih temannya sebagai pasangan, yang kemudian berhadapan dengan melakukan tos dan suit. 

 

“Ketika saya instruksikan bahwa kalian beramai-ramai menyebut yes, dan sekaligus tepuk tangannya. Saya ingin memadukan kecerdasaan kinestetik dan auditori,” jelas dia.

 

Pelatih Ahli Sekolah Penggerak itu pun menyampaikan bahwa tipikal orang yang visual tersebut pasti risih dipandang temannya. Selanjutnya, dia memberikan arahan kepada seluruh peserta agar saling memperkenalkan diri masing-masing kepada teman sejawatnya.

 

“Transfomasi pendidikan yang pertama adalah pembelajaran terpusat pada anak. Bagaimana melihat potensi anak,” ujarnya.

 

Lantas, menurut Shobikhol, bahwa seorang guru saja kesulitan mengetahui potensinya, maka akan sulit juga mengetahui potensi anaknya. Dengan begitu, baginya tugas seorang guru harus menguatkan pertumbuhan setiap potensi anaknya masing-masing. 

 

“Siswa punya problem, maka Anda (guru) harus tahu,” ungkap Ketua Share Edu Indonesia itu.

 

Plt Kadisdik Kabupaten HST, M Anhar, turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia pun berharap kolaborasi kegiatan serupa dapat semakin masif lagi dilaksanakan, demi mewujudkan Transformasi Pendidikan di Banua. 

 

Sementara itu, salah satu peserta, Muhammad Hidayatullah mengaku bahwa dirinya sebagai guru relawan yang acapkali naik gunung dan masuk hutan belantara di Pegunungan Meratus, perlu sekali sentuhan dari aspek pendidikan yang merata.

 

“Transformasi merupakan hal yang wajar, akan tetapi jangan sampai menjadikan langkah ini menciptakan kesenjangan pendidikan yang semakin jauh antara yang di kota dan daerah-daerah terpencil di Kabupaten HST,” tegasnya.

 

Dayat menyebut, seperti halnya di Dusun Mangga Jaya, perbatasan HST-Kotabaru di tengah lembah Pegunungan Meratus. Menurutnya, di sana akses menuju kawasan masyarakat yang bermukim cukup jauh dan perlu menempuh waktu 4 hari berjalan kaki dengan jalan setapak. 

 

“Kita baru bisa sampai menggapainya ke wilayah itu. Jangankan berbicara digitalisasi pendidikan, kasus buta aksara saja masih tinggi di sana. Jangan sampai transformasi yang digalakkan ini memperparah ketimpangan pendidikan yang ada,” ungkap salah satu pelopor Komunitas Akar Bukit ini.

 

Belum lagi, Dayat menyinggung ihwal tentang kebijakan anggaran yang belum merata. Saat ini, menurutnya fokus pembangunan pendidikan cuma terlihat masih terfokus pada daerah perkotaan saja. 

 

“Semoga ada langkah solusi pasti kedepannya mengatasi hal ini,” tandasnya. 

(Rahim Arza)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Lionel Messi Akhiri 2 Musim Petualangan di PSG

Lionel Messi Resmi Tinggalkan PSG Setelah 2 Musim Petualangannya. (PSG)   BEENEWS.CO.ID – Salah satu pemain terbaik di dunia, yakni Lionel Messi, secara resmi meninggalkan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha