Menu

Play Video

Indonesia Relatif Aman dari Dampak Resesi

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Memasuki tahun 2023, banyak pihak menilai dunia akan memasuki masa resesi. Namun Indonesia dinilai cukup aman dari resesi. Hal tersebut karena kebijakan makro yang diambil Indonesia membuatnya relatif aman dari resesi.

 

“Untuk mengontrol inflasi, Indonesia tidak hanya menggunakan kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga acuan BI, tapi juga dibarengi dengan menjaga keterjangkauan harga pangan di pasar dan di tingkat petani,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Hasran dalam keterangannya kepada Beenews, Selasa (24/1/2023).

 

Dampak dari kebijakan yang indonesia gunakan terlihat dari tingkat inflasi yang berada di kisaran 5 persen selama tahun 2022 dengan tingkat suku bunga acuan kisaran 5.50 persen. 

 

Disisi lain, rasio utang terhadap PDB Indonesia berada di kisaran 30,1 persen, jauh dari batas aman 60 persen yang ditetapkan dalam undang-undang. 

 

Cadangan devisa Indonesia juga berada dalam kategori aman, yaitu setara dengan pembiayaan 5,9 bulan impor atau 5,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

 

Walaupun begitu, sektor perdagangan mungkin terdampak resesi global dan bisa menghentikan surplus neraca perdagangan. 

 

“Surplus yang disebabkan oleh naiknya harga-harga komoditas seperti batu bara, nikel, dan CPO ini akan terhenti karena adanya penurunan permintaan dan harga,” kata Hasran

(Fakhry)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

DPR Dukung Sri Mulyani Sikat Dugaan Korupsi LPEI

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – DPR mengapresiasi penuh menteri keuangan Sri Mulyani dalam menyikat dugaan korupsi yang terjadi di tubuh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Hal itu

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha