Menu

Play Video

Disdikbud Kota Medan Perbolehkan Siswa Pindah Sekolah dari Swasta ke Negeri

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan memperbolehkan siswa dan siswi yang saat ini menempuh pendidikan di sekolah swasta pindah ke sekolah negeri di tingkat SD maupun SMP.  

 

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra, Senin (23/1/2023).

 

“Siswa dan siswi dari SMP swasta  bisa pindah ke sekolah negeri,  tentunya SMP swasta yang kemudian dalam ekonominya terjadi fluktuasi, dan kemudian keluarganya tidak mampu menyekolahkannya di sekolah swasta, untuk mengantisipasi terjadinya angka putus sekolah, bagi sekolah yang masih memiliki kuota berdasarkan penetapan pada saat penerimaan siswa dan siswi baru dan ternyata pada saat penetapan itu jumlah siswa dan siswi barunya itu tidak memenuhi kuota,” ujarnya.

 

Laksamana Putra mengatakan, perihal lainnya pada siswa dan siswi dari sekolah swasta yang boleh diterima masuk ke sekolah negeri apabila siswa dan siswi tersebut pindah dari luar daerah.

 

Misalnya siswa dan siswi tersebut harus ikut orangtuanya yang pindah tugas ke Kota Medan dan berdomisili dekat dengan sekolah negeri tersebut.

 

“Yang harus dipenuhi tentunya ada surat keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat dan bukti setelah dia sekolah di swasta kemudian mengalami kondisi ekonomi tidak mampu lagi menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Syaratnya harus melampirkan surat keterangan bahwa keluarganya memang tidak mampu dan kita akan mengakomodir ke sekolah negeri,” jelasnya.

 

Laksamana Putra berharap program ini dapat mewujudkan visi misi Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, untuk menjadikan Kota Medan yang maju.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, meriset bahwa angka putus sekolah semakin lama semakin kecil dan angka sebaliknya partisipasi sekolah semakin besar.

(Ayudia)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha