Menu

Play Video

18.818 Warga Surabaya akan Dapat Jatah Makan Gratis Setiap Hari

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Kabar gembira untuk warga Surabaya. Melalui program yang sudah berlaku sejak 1 Januari 2023 kemarin, sebanyak 18.818 jiwa di Surabaya ditetapkan sebagai penerima manfaat program permakanan. 

 

Melalui program ini, warga yang menerima manfaat nantinya akan mendapatkan fasilitas makan gratis setiap hari.

 

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Anna Fajriatin menjelaskan, program permakanan tahun ini sudah ditangani oleh Dinas Sosial sebagai bantuan sosial yang mana anggarannya berasal dari anggaran Dinsos. 

 

“Nah, karena ini merupakan bantuan sosial, maka peraturan dan Perwalinya juga berbeda. Dan penerimanya juga harus masuk ke dalam warga miskin, baik yang lanjut usia, disabilitas, anak yatim, dan yatim piatu. Itu sasarannya,” kata Anna di Surabaya, Kamis (19/1/2023).

 

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya harus melewati proses yang panjang untuk penetapan data penerima manfaat permakanan sebanyak 18.818 jiwa. 

 

Data permakanan diambil dari data tahun lalu yang berasal dari kelurahan.

 

Dinas Sosial Surabaya meluncurkan aplikasi Permakanan Surabaya untuk mempermudah monitoring program permakanan. 

 

Melalui aplikasi ini, pihaknya bisa memantau warga yang menolak, pindah atau meninggal.

 

Aplikasi tersebut mencantumkan nama dan alamat lengkap warga penerima manfaat. Pengirim permakanan juga turut memotret proses penyerahan untuk memastikan apakah penerima sudah sesuai dengan data.

 

“Jadi, foto penerima permakanan itu lengkap di dalam aplikasi itu. Bahkan, kalau misalnya ketika teman-teman pengirim permakanan menemukan bahwa ada salah satu warga penerima yang meninggal, maka teman-teman pengirim permakanan itu akan melaporkan ke dalam aplikasi itu, sehingga keesokan harinya tidak perlu dimasakkan dan dikirimkan lagi,” kata dia.

 

“Aplikasi ini juga bisa menjadi dasar perhitungan kami untuk menentukan pembayaran kepada kelompok masyarakat yang memasakkan permakanan, misal sebulan memasak berapa porsi akan ketahuan karena kemungkinan datanya beda setiap harinya setelah ada yang meninggal dan ada yang pergi,” tandasnya.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Forkopimcam

Forkopimcam Baamang Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Guna mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan serta untuk memastikan kesiapan personil, peralatan, sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana, Forum komunikasi pimpinan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha