Menu

Play Video

Anggota DPR Kritik Subsidi Mobil Listrik, Minta Alihkan untuk Transportasi Publik

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Hidayatullah

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Hidayatullah mengkritisi rencana pemerintah yang akan memberikan subsidi sebanyak Rp5 triliun untuk kendaraan listrik.

 

Menurutnya kebijakan tersebut kurang tepat, terlebih Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mobil listrik maupun hybrid sangat minim.

 

“Mobil ini merupakan barang mewah tapi rencana insentif pembeliannya mencapai puluhan juta berasal dari uang rakyat,” ujar Hidayatullah dalam keterangannya, Senin (16/1/2023).

 

Legislator Fraksi PKS ini menyebut jika alasan insentif mobil listrik karena ramah lingkungan tidak tepat. Mengingat pasokan listrik tanah air masih menggunakan batubara yang berpolusi tinggi.

 

“Di Eropa sumber listrik dari energi terbarukan dari angin dan matahari meningkat, sementara indonesia sekitar 61 persen sumber listriknya masih dari batubara,” ujarnya.

 

Caleg asal Medan ini juga mengingatkan bahwa proses pembuatan baterai kendaraan listrik, penambangan logam, dan mineral dapat menimbulkan kerusakan serta pencemaran lingkungan.

 

“Belum limbah baterai mobil listrik yang beracun dan sampai sekarang tidak bisa didaur ulang,” katanya.

 

Anggota Komisi XI DPR RI ini menolak kebijakan subsidi yang tidak akurat. Menurutnya, pemerintah harus fokus subsidi dan insentif untuk transportasi publik dahulu karena uangnya berasal dari anggaran negara.

 

“Dengan transportasi publik dibenahi, warga beralih pada kendaraan umum, polusi berkurang, macet berkurang, yang pada akhirnya akan ramah lingkungan juga,” ujarnya.

 

Hidayatullah menyebut dalam kurun beberapa tahun belakangan angkutan umum kian berkurang, angkutan pedesaan, angkutan kota, bis umum sudah banyak hilang.

 

“Jelas konsumi BBM makin meningkat, karena pemerintah kurang berpihak pada transportasi publik. Tanpa kebijakan yang komprehensif pengunaan uang rakyat akan tidak tepat sasaran,” ujarnya.

(Fakhry)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Ibu Rumah Tangga Tewas dalam Kebakaran di Marelan

MEDAN, BEENEWS.CO.ID –  Sebuah peristiwa yang menggegerkan terjadi di Jalan Marelan Pasar IX Lingkungan VI Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Marelan, pada hari Rabu (30/8/2023).

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha