SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Tiktok Shop kini jadi perbincangan hangat disemua kalangan pecinta belanja. Hampir semua e-commerce dibuat minder, tidak terkecuali salah satu e-commerce raksasa di Indonesia seperti Shopee.
Baik Tiktok Shop maupun Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia.
Meski terbilang baru, Tiktok Shop terbukti lebih popular ketimbang e-commerce pendahulunya yakni Shopee.
Pertanyaannya adalah, apa yang membuat warganet pecinta belanja online banyak yang berpindah ke Tiktok Shop?
Rupanya, di Tiktok Shop pengguna tidak hanya mendapatkan layanan gratis ongkir namun juga kupon belanja.
Sementara Shopee, pengguna harus membayarkan beberapa biaya tambahan seperti biaya ongkir, biaya layanan dan biaya berlangganan.
Sejak 23 Oktober 2022, Shopee menerapkan biaya layanan sebesar Rp 1000 untuk setiap transaksi.
Alasannya, biaya itu digunakan untuk pengembangan layanan yang lebih baik demi kenyamanan pelanggan.
“Biaya layanan mulai diterapkan per tanggal 23 Oktober 2022 untuk setiap transaksi fisik melalui situs atau aplikasi Shopee senilai Rp 1.000 per transaksi,” tulis Shopee di laman Pusat Bantuan.
Data terbaru dari ByteDance menggambarkan pertumbuhan pesat TikTok Shop di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.