Menu

Play Video

Polisi Musnahkan 3.9 Kilogram Sabu di Tanjungbalai

foto sabu dari situs BNN

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Polisi memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 3,9 kilogram di Tanjungbalai, Sumatera Utara dengan cara dilarutkan ke dalam air mendidih. 

 

Pemusnahan sabu ini disebut menyelamatkan 15 ribu masyarakat, pemusnahan dilakukan di Polres Tanjungbalai, disaksikan oleh para tersangka, Forkopimda dan tokoh masyarakat/agama, Kamis (12/1/2023).

 

“Ada total 3,9 kilogram lebih narkoba jenis sabu atau ditotal hitungan gramnya sebanyak 3.978 gram. Barang bukti ini didapat dari tiga tersangka dalam pengungkapan tiga bulan terakhir,” kata Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Affandi.

 

Tiga tersangka yang diamankan, yakni pasangan suami istri Hendri Purba (23) dan Kartika (22) serta seorang lagi bernama Aluwi Erlangga (30). Mereka merupakan warga Tanjungbalai.

 

“Dari seluruh barang bukti yang dimusnahkan dengan sebanyak ini, kita bisa menyelamatkan 15.735 orang yaitu dengan asumsi satu gram untuk empat orang pengguna,” ujarnya.

 

Sebelum dimusnahkan dengan cara dilarutkan menggunakan air mendidih, kemasan plastik sabu yang masih terbungkus tersebut diuji dulu keasliannya oleh Tim Labfor Cabang Medan.

 

Setelah dipastikan seluruh sabu itu asli dan terbukti mengandung amphetamine, Forkopimda yang hadir kemudian diminta untuk menuangkan bungkusan berisi narkoba itu ke dalam air yang mendidih.

 

Daerah Tanjungbalai sendiri memang kerap dijadikan pintu masuk peredaran narkoba dari luar negeri melalui jalur laut utamanya Malaysia sebelum akhirnya beredar ke berbagai daerah di Indonesia.

 

“Seluruhnya narkoba jenis sabu ini berasal dari Malaysia. Salah satunya pengungkapan bulan November yang kita lakukan dengan tersangka sepasang suami istri menjadi perantara dengan bandar di Malaysia,” terangnya.

 

Upah fantastis mencapai puluhan juta rupiah untuk setiap penjemputan maupun pengantaran narkoba ini menjadi penyebab banyak warga Tanjungbalai tergiur meloloskan barang haram ini ke berbagai lokasi tujuannya. 

 

Penyelundupan pun biasanya dilakukan dengan perantara kapal nelayan kecil dan mendarat di pelabuhan tikus yang sulit diawasi.

(Ayudia)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha