Menu

Play Video

Mendagri Tito Tunjuk Sekda Jadi Plh Gubernur Papua

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengambil langkah cepat untuk menutup kekosongan pemerintahan di Papua.

 

Usai Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tito menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Ridwan Rumasukun, sebagai Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Papua. Penunjukan itu dilakukan lewat surat bernomor 100.3.2.6/184/SJ.

 

“Untuk menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan, Sekda Papua melaksanakan tugas sehari-hari Gubernur Papua sesuai ketentuan perundangan,” ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benni Irwan, melalui keterangan tertulis, Kamis (12/01/2023).

 

Lebih lanjut, Benni mengutarakan, bahwa penunjukan tersebut telah sesuai dengan pasal 65 ayat (3) dan ayat (5) Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014. 

 

Pasal tersebut menerangkan bahwa gubernur yang sedang menjalani proses hukum dilarang untuk melaksanakan tugasnya. Nantinya, tugas gubernur akan ditangani oleh wakil gubernur, jika tidak ada wakil gubernur, tugas sehari-hari akan ditangani oleh sekretaris daerah.

 

Seperti diketahui, wilayah Pemerintahan Papua belum memiliki wakil gubernur, pasca Klemen Tinal meninggal dunia pada 21 Mei 2021 silam. Pemerintah pun tak kunjung menentukan siapa sosok pengganti Klemen hingga saat ini.

 

“Hal ini (penunjukan Ridwan Rumasukun) mengingat wakil gubernur Papua kosong dan belum dilakukan pengisian,” tambahnya.

 

Sebelumnya, KPK telah menahan Lukas Enembe pada Rabu (20/01) atas kasus suap pembangunan di Papua dan ditahan selama 20 hari. Namun, KPK melakukan pembantaran penahanan lantaran kondisi kesehatan Lukas yang menurun.

(Abdul)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Usai Nyoblos, Ganjar: Menang Kalah Sama Saja

Ganjar Klaim Seluruh Paslon Siap untuk Menang dan Kalah   JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, diketahui juga telah menggunakan hak pilihnya

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha