Menu

Play Video

Fenomena Jajanan Chiki Ngebul, Berikut Tanggapan Ahli Kesehatan

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menindaklanjuti laporan, terkait 28 anak yang diduga mengalami keracunan akibat jajanan ‘chiki ngebul’ di Tasikmalaya dan Bekasi, pada akhir 2022.

 

IDAI mengingatkan, bahwa jajanan yang mengandung gas nitrogen sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak. Lantaran anak sebaiknya mengkonsumsi jajanan yang memiliki kandungan nutrisi baik serta aman untuk dikonsumsi.

 

“Jajanan anak yang sehat dan bergizi sebaiknya mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan,” ujar Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI, Dr dr Muzal Kadim, SpA(K), pada Rabu (11/01/2023).

 

Menurut dr Muzal, nitrogen cair amat sangat dingin sehingga bisa menyebabkan trauma dingin. Mengingat nitrogen cair bersifat korosif bila terkena kulit, dan berdampak lebih parah bila kena mukosa saluran cerna.

 

“Nitrogen cair bersifat korosif ke kulit kita, apalagi bila kena mukosa saluran cerna. Nitrogen cair sangat dingin sehingga dapat membuat erosi dan luka di lambung dan usus bila tertelan dalam bentuk cair meski sedikit,” tambah Muzal.

 

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat telah resmi menetapkan status darurat medis atas kasus ‘chiki ngebul’ atau ‘chikbul’. Lantaran 28 anak di Jabar telah menjadi korban keracunan akibat mengkonsumsi jajanan yang sedang digandrungi anak-anak tersebut.

 

“Pada tanggal 3 Januari 2023 kemarin, kami mendapat surat rujukan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes yang menyatakan agar kasus ini menjadi situasi kedaruratan medis,” ujar Ketua Tim Kerja Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jabar, Dewi Ambarwati.

 

Meski demikian, Dewi menyatakan bahwa status akibat ‘chiki ngebul’ di Jabar tidak masuk kategori kejadian luar biasa (KLB). Pasalnya, banyak tahapan untuk menetapkan status KLB, seperti adanya peningkatan kasus hingga potensi menjadi wabah.

 

“Jadi ini masuk dalam kedaruratan medis. Tapi tetap diperhatikan di lapangan untuk memantau kasus serupa terulang di daerah lain. Sementara ini, untuk dua kabupaten dan kota sendiri sudah aman,” ungkapnya.

 

Dewi juga menyatakan penetapan status kedaruratan medis akan meningkatkan kewaspadaan pada semua rumah sakit di Jabar. Nantinya, semua RS diharuskan berkoordinasi dengan Dinkes jika mendapatkan laporan kasus keracunan akibat ‘chikbul’.

(Abdul)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha