Menu

Play Video

Bantu Dongkrak Sektor Pariwisata, Kepolisian Trenggalek Dibekali Keahlian Pemandu Wisata

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Personel kepolisian biasanya ditugaskan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan menegakkan hukum sehingga masyarakat bisa merasa nyaman dan aman. Namun kini diharapkan peran kepolisian tidak hanya sebatas hal itu.

 

Kepolisian di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, kini dibekali keahlian dan kapasitas sebagai polisi pariwisata yang artinya mereka dijadikan pemandu wisata.

 

Tujuan pembekalan kepada personel kepolisian ini adalah untuk membantu perkembangan sektor kepariwisataan daerah setempat.

 

“Jadi selain pengamanan, petugas juga berperan sebagai polisi pariwisata dan tour guide untuk membantu para pengunjung, seperti menunjukkan jalan, memberikan gambaran tentang lokasi wisata hingga menyampaikan imbauan terkait dengan keamanan diri,” kata Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, Kamis (12/1/2023).

 

Sejumlah polsek jajaran di wilayah operasi Polres Trenggalek diinstruksikan kepada petugas yang piket untuk melakukan patroli ke sejumlah objek wisata.

 

Sejumlah pelaku wisata berharap, dengan terciptanya rasa aman dan nyaman terhadap pengunjung, maka gairah kunjungan wisatawan akan meningkat dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar.

 

“Tujuan utama dari Padisari ini adalah untuk meningkatkan potensi wisata lokal dengan memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengunjung,” kata Santo, penggiat wisata Komunitas Orari Trenggalek.

 

Langkah tersebut merupakan ikhtiar pemerintah setempat untuk memacu sektor wisata berbasis pedesaan.

 

“Ditargetkan hingga akhir tahun 2023, sebanyak 100 desa wisata anyar terbentuk. Saat ini ada sebanyak 75 desa wisata yang sudah terbentuk,” ujarnya.

(Jeni)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Hati Hati Gelombang Sungai Mentaya Meninggi

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Masyarakat Harap Pemerintah Lebih Perhatian Masyarakat yang berasal dari Kecamatan Pulau Hanaut sebagian banyak beraktivitas ke seberang salah satunya ke Desa Jaya

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha