Menu

Play Video

Sengaja Gunting Uang Rp32 Juta, Seorang Pria di Surabaya Diancam Pidana Kurungan

foto mufid majnun

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Seorang pria di Surabaya terpaksa harus di bui akibat memotong ujung uang pecahan Rp50 ribu dengan total nilai hampir Rp32 juta.

 

Tersangka berinisial RH yang bertempat tinggal di Jalan Kampung Malang Kulon, Surabaya menjalankan aksinya dengan mengambil uang dan menyetornya kembali setelah memotongi ujungnya.

 

Tidak hanya beraksi di satu tempat, RH merusak dan menyetor kembali uang tersebut di beberapa ATM.

 

Kasus ini sempat membuat RH menjalani persidangan di PN Surabaya pada hari Senin (10/1/2023).

 

Sementara itu kronologinya, pelaku sudah menjalankan aksinya sejak bulan agustus 2022. Dimulai dari uang Rp2 juta yang ditarik dari mesin ATM.

 

Berdasarkan keterangan Herlambang Adhi Nugroho Jaksa Penuntut Umum (JPU), setelah RH menarik uangnya di ATM, ia merusak dengan memotong ujungnya dan menyetorkan kembali lewat ATM. Hal ini terus ia lakukan berulang-ulang selama tiga hari berturut-turut.

 

Rinciannya, mesin ATM daerah Bronggalan menyetor total uang rusak Rp3,9 juta, ATM di daerah Kaliasin total uang yang rusak ada Rp24 juta, lalu ATM di Jalan Pahlawan Rp3.550.000.

 

“Jadi ini bukan uang palsu. Tapi uangnya sendiri yang ditarik dan disetor lagi. Uang yang dimiliki hanya Rp2 juta tapi karena dilakukan berulang total yang rusak ada Rp32 juta,” kata Herlambang, Selasa (10/1/2023).

 

Herlambang menyebut, kalau RH dituntut pidana penjara selama satu tahun dua bulan dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan penjara dalam sidang kemarin.

 

RH dituntut dengan tuntutan berdasarkan dakwaan dalam perkara dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 ayat (1) UU RI No.7 tahun 2011.

 

Herlambang juga mengungkap  bahwa RH diduga melakukan itu akibat stres.

 

“Jadi baru tahu setelah pihak keluarga cerita, bahwa terdakwa ini sudah tiga bulan lebih menganggur. Karena ekonomi yang menipis itulah dia melakukan itu,” ujar Herlambang.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

16 Kelurahan di Kota Solo Terendam Banjir  

SOLO, BEENEWS.CO.ID – Beberapa kawasan di Kota Solo, Jawa Tengah, tergenang air sejak Kamis (16/02/2023).   Informasi terakhir dari BPBD Kota Solo jumlah kecamatan yang

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha