Menu

Play Video

Perguruan Tinggi di Jatim Bersiap Rubah Model Pendidikan Pasca Pandemi

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Pasca pandemi, kini model pendidikan khususnya di perguruan tinggi dituntut untuk kembali merumuskan arah pendidikan yang sesuai.

 

Meski begitu, transformasi digital yang sempat membantu jalannya pendidikan di era new normal juga masih di kaji. Sebab, ada pemahaman yang baik soal tekhnologi dan pemanfaatannya.

 

Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Timur, serta beberapa perwakilan dosen mengikuti seminar nasional di Dian Auditorium Universitas Ciputra (UC) Surabaya, untuk menghadapi perubahan model pendidikan pasca pandemi Covid -19.

 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr Hetifah Syaifudian, menjelaskan selama pembelajaran di masa pandemi Covid-19, semua pembelajaran harus dilakukan secara daring sementara ketidakseimbangan terjadi karena tidak semua masyarakat melek tekhnologi.

 

Ia menyayangkan proses belajar mengajar pasca pandemi, lembaga Perguruan Tinggi di Jawa Timur masih sangat mengandalkan tekhnologi digital.

 

“Perguruan tinggi wajib mampu mengadopsi perubahan dan perkembangan teknologi. Namun tidak semua perguruan tinggi punya kecepatan yang sama untuk mengadopsi. Ini pentingnya adanya kerja sama antar perguruan tinggi,” kata Hetifah pada Seminar Nasional di Universitas Ciputra Surabaya, Senin (9/1/2023).

 

Baginya, ini adalah situasi yang tepat bagi dunia pendidikan tinggi untuk merumuskan kembali arah pendidikan yang sesuai.

 

Harapannya, perguruan tinggi bisa memanfaatkan tekhnologi secara maksimal sehingga belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

 

“Kata kunci dari new normal adalah teknologi. Perguruan tinggi wajib mengadopsi teknologi. Tapi, tidak semua bisa dengan cepat. Ini pentingnya kerjasama antar perguruan tinggi dan melalukan sinergi,” jelasnya.

 

Sementara itu, Dyah Sawitri Kepala LLDIKTI wilayah 7 Jatim menghimbau pimpinan perguruan tinggi dan stakeholder terkait, dapat pembangunan model pembelajaran yang cocok untuk pendidikan tinggi saat ini.

 

“Dengan demikian, semua pengelola perguruan tinggi inggi bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada dan sekaligus menyiapkan mahasiswa dalam menyongsong masa depan dengan baik,” ujarnya.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Ajinomoto Ajak Warga Surabaya Mulai Pilah Sampah

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – PT Ajinomoto bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya, menggagas fasilitas ‘Waste Station’ atau tempat penjualan sampah plastik.   Kegiatan ini didasari karena krisis

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha