Menu

Play Video

Tiket Pesawat Di Sampit Dinilai Mahal, Disarankan Tambah Maskapai Penerbangan

NAM air

SAMPIT, BEENEWS.CO.ID – Sampit yang merupakan salah satu kota yang terkemuka di Kalimantan tengah yang punya masa depan yang berpotensi menjadi kota metropolitan dan menjadi  harapan banyak orang untuk menggali sumber kehidupan yang layak,mengingat Kotim daerah yang memiliki letak geografis yang strategis, memiliki sumber daya alam yang melimpah,dan didukung pula kondisi sosial budaya masyarakatnya.

 

 

Banyak pelaku usaha lokal ataupun dari luar daerah yang hilir mudik menggunakan transportasi udara untuk urusan bisnis, terutama penerbangan Sampit -Jakarta yang menggunakan pesawat bermesin jet dari maskapai Nam air dan sedangkan Sampit – Surabaya dengan pesawat Lion jenis ATR atau baling baling.

 

 

Penerbangan Sampit – Jakarta jadwal pemberangkatan malam hari, satu kali penerbangan setiap hari kalau tidak ada perubahan , sedangkan penerbangan Sampit – Surabaya juga 1 kali penerbangan setiap harinya.

 

 

Harga tiket Sampit -Jakarta berfluktuasi dimulai sekitar Rp.1.400.000 sampai mencapai sekitar Rp. 1.800.000, begitu juga harga tiket Sampit – Surabaya berkisar dimulai  Rp.1.700.000,- sampai mencapai sekitar Rp. 2.000.000,- harga yang cukup relatif mahal dibandingkan dengan Palangka raya dan Pangkalanbun.

 

 

Sedangkan Palangkaraya -Jakarta sekitar Rp.800.000,- dan Palangka raya – Surabaya sekitar Rp. 1.300.000,- apa lagi dibandingkan dengan harga Banjarmasin relatif lebih murah lagi. Sehingga banyak keluhan warga Sampit khususnya terhadap harga tiket tersebut.

 

 

Salah satu tokoh masyarakat dan juga pelaku usaha di Sampit H.Idrus jalan MT.Haryono Sampit menyampaikan keluhannya kepada Beenews Mgumarang Media tentang masalah harga tiket dan jadwal penerbangan.

 

 

“Harga tiket pesawat Sampit mahal dibandingkan dengan harga Palangkaraya dan Pangkalan Bun, sehingga ingin bepergian ke Jakarta atau Surabaya harus memutar kepala dulu memikirkan biaya tiketnya, tak jarang kami harus lewat Palangraya atau Pangkalan Bun, bahkan lewat Banjarmasin, karena terpaksa, selain itu lebih murah dan disana banyak pilihan penerbangannya” ucap H. Idrus minggu 8 Januari 2023.

 

Foto Bandara H. Asan Sampit

 

“kami berharap selain harga tiket murah tapi juga maskapai penerbangannya ditambah, sehingga menciptakan kompetitor yang sehat, dan jadwal penerbangan disarankan jangan malam hari, karena siang masih banyak tersedia waktu untuk jadwal penerbangan, selain itu fasilitas bandara kita sistem penerangan bandara perlu ditingkatkan untuk keperluan landing dan take off pesawat bila dimalam hari agar lebih aman” pungkasnya.

 

Mahalnya tiket tersebut memang sudah lama dikeluhkan masyarakat Kotim mulai jaman Bupati Kotim sebelumnya, sehingga kemajuan peminat penumpang pesawat di Sampit lamban tidak sebanding dengan potensi geografis, demografis dan sumber daya alam yang dimiliki kotim, hal ini tentu sangat di sayangkan semua pihak.

 

 

Cerminan sederhana sebuah kota yang maju bila dilihat tingkat kepadatan jadwal penerbangan setiap harinya,karena transportasi angkutan udara menjadi transportasi yang paling diminati dalam urusan bepergian untuk segala urusan, dan Sampit punya potensi  untuk hal tersebut,namun tinggal arah kebijakan pemerintah daerah saja lagi.

 

(Redaksi/M.gumarang)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha