Menu

Play Video

PPKM Dicabut, Car Free Day Surabaya Kembali Buka

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Setelah ditiadakan selama pandemi, akhirnya hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) alias car free day (CFD) kembali digelar di sejumlah titik di Kota Surabaya, pada Minggu (8/1/2023).

 

Pemkot mengatur wilayah CFD nantinya ada 7 lokasi, yaitu di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, Jalan Kupang Indah, Jalan Kertajaya, dan Jalan Ir. Soekarno atau Jalan Merr.

 

“Kita sudah bikin jadwal selama setahun, dan mulai besok sudah mulai digelar kembali di sejumlah lokasi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro.

 

Dalam beberapa minggu ke depan, dia menjelaskan bahwa CFD akan di gelar di beberapa tempat.

 

Minggu depannya tanggal 15 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Kertajaya. Lalu pada tanggal 29 Januari 2023, CFD akan digelar di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan.

 

“Jadi, lokasi utama CFD Surabaya memang di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya mulai pagi sekitar pukul 06.00-09.00 WIB,” ucap Hebi.

 

Pelaksanaan CFD di Surabaya merupakan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 8 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Wali Kota Surabaya nomor 1 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

 

Dalam Perwali juga sudah menetapkan ruas-ruas jalan mana saja yang ditutup pada saat CFD.

 

Untuk membantu pengamanan di setiap lokasi CFD, Dalam setiap pelaksanaannya, Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan Polrestabes Surabaya, TNI, pihak kecamatan, dan jajaran kelurahan.

 

Tidak hanya itu, Pemkot juga mengerahkan personel Satpol PP Surabaya, BPBD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya serta DLH Surabaya untuk membantu pengamanan di setiap lokasi CFD.

 

“Kami juga berharap masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban selama mengikuti CFD, sehingga diharapkan CFD ke depannya dapat berlangsung dengan aman dan tertib,” pungkasnya.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha