Menu

Play Video

Harga Pangan Melonjak, Wakil Ketua MPR Meminta Pemerintah Segera Mitigasi

Syarief Hasan

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Organisasi Pangan Dunia (FAO) pada Januari 2023 merilis indeks pangan dunia mencapai titik tertinggi sebesar 143,7 poin atau 14,3 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2021.

 

Oleh sebab itu, Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan meminta pemerintah untuk memitigasi kenaikan harga pangan global yang mencapai rekor tertingginya sepanjang tahun 2022.

 

“Jangan sampai kita terlambat menyiasati dinamika ketersediaan pangan global yang semakin mengkhawatirkan,” ujarnya dalam keterangan, Senin (9/1/2023)

 

Menurut Syarief, terganggunya rantai pasok komoditas global sebagai dampak langsung dari perang Rusia – Ukraina juga mempengaruhi situasi pangan domestik.

 

Apalagi mengingat Badan Pusat Statistik melaporkan bahwa produksi beras nasional mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun.

 

Tercatat pada 2018, beras tersedia sebanyak 33,94 juta ton, terus menurun menjadi 31,31 juta ton (2019), 31,50 juta ton (2020), dan 31,36 juta ton (2021).

 

“Ini tentu harus menjadi catatan, kinerja pangan kian memburuk. Jangan sampai kita mengalami ancaman berganda: kinerja domestik dan ketidakpastian global,” ujarnya.

 

Syarief yang juga menyandang Profesor di Bidang Strategi dan Manajemen Koperasi dan UKM ini berpendapat, pemerintah sebaiknya mereformulasi kebijakan alokasi keuangan.

 

Menurutnya tidak semua kebijakan harus berbasis pembangunan infrastruktur, namun melupakan ketahanan pangan yang justru merupakan kebutuhan mendasar rakyat.

 

Narasi pembangunan fisik seharusnya determinan terhadap kapasitas fiskal. Jika pemerintah hanya mengukur keberhasilan pembangunan pada infrastruktur belaka, tentu cara pandang ini harus dievaluasi.

 

Pembangunan mestinya holistik, proporsional terhadap sektor-sektor strategis yang memang kebutuhan pokok rakyat.

 

“Sebaiknya pemerintah memprioritaskan alokasi fiskal pada ketahanan komoditas pokok. Peningkatan kuantitas dan kualitas pangan, pemberdayaan petani, dan inovasi teknologi masih belum juga menjadi kebijakan arus utama,” kata Syarief.

(Fakhry)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Polres Tebing Tinggi Tangkap 2 Pencuri Aset DLH

TEBING TINGGI, BEENEWS.CO.ID – Polisi berhasil menangkap 2 pelaku pencurian aset milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Tebing Tinggi. Dua pelaku yang diamankan berinisial YIS (27),

PBB (OCHA): Tidak Ada Tempat Aman di Kota Gaza

BEENEWS.CO.ID – Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) telah mengungkapkan keprihatinan serius terkait situasi di Kota Gaza, menyatakan bahwa tidak ada tempat yang benar-benar aman

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha