Menu

Play Video

Dilarang Masuk Kawasan Monas, Kurir Delman Kecewa dan Ancam Unjuk Rasa

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berencana untuk melarang masuk delman dan beroperasi di Kawasan Monas.

 

Hal itu lantaran kotoran kuda dari penarik delman yang kerap berceceran di jalanan, serta dianggap menimbulkan bau tak sedap.

 

“Kotoran kuda itu terkadang bercecer sehingga menimbulkan bau di Kawasan Monas,” ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Wildan Anwar, beberapa hari lalu.

 

Dilansir dari Antara, puluhan kusir delman pun mengaku kecewa. Bahkan mereka juga mengaku tidak pernah diajak diskusi perihal wacana aturan tersebut.

 

“Kami tidak pernah sama sekali diajak duduk bersama atau sosialisasi terkait larangan tersebut. Kami terus terang kecewa karena kami mencari nafkah di Monas untuk keluarga kami,” ujar Koordinator Delman Monas, Nanang, Minggu (8/7/2023).

 

Lebih lanjut, Nanang turut menjelaskan, bahwa ada sekitar 45 kusir yang akan mendapatkan imbas negatif dari wacana pelarangan tersebut.

 

Lantaran keseharian mereka yang hanya menggantungkan pada delman sebagai mata pencaharian.

 

Karena itu, Nanang meminta pada Pemkot Jakarta Pusat untuk bisa memberikan jalan keluar yang baik agar kusir delman juga bisa tetap mencari nafkah untuk keluarga.

 

Bahkan, Nanang dkk tak segan melakukan unjuk rasa di Balai Kota DKI untuk menemui gubernur dan meminta kejelasan terkait wacana tersebut.

 

“Kalau memang kita para kusir delman dilarang di Monumen Nasional dan HI, kami akan geruduk kantor Gubernur DKI Jakarta. Kita akan bertemu dengan (Penjabat) Gubernur DKI Jakarta (Heru Budi Hartono),” tegas Nanang

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, pihaknya sedang membentuk gugus tugas untuk melarang delman di kawasan Monas.

 

“Delman memang dilarang dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 36 tahun 2016 yang berisi larangan pengoperasian delman di kawasan Monas,” ujar Iqbal, dalam keterangan tertulis.

(Abdul)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Warga Desa Batuah ditemukan Tewas di Dermaga PPM

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Warga yang tengah beraktivitas dibuat geger dengan penemuan sesosok mayat laki-laki di dermaga susur sungai mentaya kawasan Pasar PPM Sampit, Kotawaringin Timur,

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha