Menu

Play Video

4 Provinsi Baru Papua, Wapres: Proses Percepatan Pembangunan Papua

Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Indonesia telah resmi memiliki empat tambahan provinsi baru yang ada di Papua. Peresmian empat daerah otonomi baru (DOB) di Papua tersebut, kini menjadikan Indonesia memiliki wilayah dengan 38 provinsi.

 

Adapun empat provinsi tambahan tersebut ialah Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan yang diresmikan bersamaan di bulan November, serta Provinsi Papua Barat Daya yang diresmikan menyusul satu bulan kemudian.

 

Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin pun menyambut baik dan menanggapi hal tersebut dengan positif.

 

Ia berharap, dengan adanya pemekaran wilayah tersebut, dapat menjadi ‘game changer’ dalam hal percepatan kesejahteraan di Papua.

 

“Kalau dulu di Papua satu provinsi, sekarang empat provinsi, Papua Barat dua provinsi, kita harapkan pelayanan lebih masif kepada masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf.

 

Lebih lanjut, mantan Ketua MUI tersebut juga menjelaskan, bertambahnya jumlah provinsi di Papua maka bisa memberikan pelayanan masyarakat yang jauh lebih masif dan intensif. Sehingga menjadi pemicu dalam percepatan pembangunan di Papua.

 

“Itu kunci proses upaya percepatan pembangunan Papua. Rencana induk percepatan otonomi khusus Papua,” tambahnya.

 

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, pembentukan provinsi baru di Papua dilakukan atas aspirasi yang sudah cukup lama disampaikan oleh masyarakat, dan juga oleh Tokoh Masyarakat Papua.

 

Tito juga menegaskan, bahwa pemekaran yang terjadi di Papua harus dipandang positif. Sebab, keputusan itu dibuat berdasarkan masukan terkait pemekaran DOB Papua, yang telah mencapai lebih kurang 324 aspirasi untuk membangun Papua menjadi lebih baik.

 

Tak lupa, mantan Kapolri tersebut, juga menyebutkan, bahwa pemekaran Papua akan membuat semua proses manajemen pemerintahan dan pelayanan publik menjadi lebih mudah.

 

“Pemekaran tersebut akan lebih banyak berdampak positif terhadap percepatan pembangunan, seperti yang dialami Papua Barat dan juga beberapa daerah lainnya,” ucapnya.

(Abdul)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Polda DIY Amankan 2,6 Juta Butir Obat Terlarang

YOGYAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berhasil mengungkap jaringan perdagangan narkoba terbesar. Polisi menangkap 5 tersangka yang memiliki 2,6 juta butir obat psikotropika

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha