Menu

Play Video

Sambut 2023, Berikut 10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di 2022

BEENEWS.CO.ID – Pergantian menuju Tahun 2023 hanya menunggu hitungan jam. Tentunya begitu banyak hal yang terjadi di sepanjang 2022, termasuk permasalahan ekonomi yang mengakibatkan jumlah tingkat pengangguran semakin tinggi.

 

Dilansir dari World Population Review, tingkat pengangguran secara global diperkirakan menyentuh 6,3% – 6,5%. Angka pengangguran juga dianggap sebagai indikator akhir (lagging indicator), yang berarti paling mempengaruhi ekonomi.


Tingginya angka pengangguran tentu dipengaruhi beberapa indikator, seperti permasalahan politik, inflasi, dan resesi ekonomi.

 

Berikut 10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi:

 

1. Afrika Selatan

 

Tingkat pengangguran di Afrika Selatan (Afsel) mencapai 29,2%, menjadikannya sebagai negara dengan pengangguran terbanyak nomor 1 di dunia 2022. Salah satu yang mempengaruhinya ialah guncangan inflasi akibat tekanan Pandemi Covid-19.

2. Kosovo

 

Tingkat pengangguran di Kosovo mencapai 26,2%. Negara yang 70% warganya berusia muda (di bawah 35 tahun) harus menghadapi ketidakstabilan ekonomi.

 

3. Djibouti

 

Djibouti adalah negara dengan luas wilayah terkecil di Benua Afrika. Meskipun letak geografis Djibouti strategis, dan menjadi jalur pelayaran internasional di sekitar terusan Suez, namun  negara ini memiliki tingkat pengangguran mencapai 26,1%.

 

4. Tepi Barat dan Jalur Gaza (Palestina)

 

Konflik perang mengakibatkan jumlah angka pengangguran di Palestina menembus 25,9%. Diketahui, mayoritas warga Palestina sendiri bekerja di bidang pertanian, perkebunan, dan konstruksi.

 

5. Guinea Khatulistiwa (Guinea Ekuatorial)

 

Negara ini berada di kawasan pantai barat Afrika Tengah, dengan luas wilayah sekitar 28.000 kilometer persegi. Meski menjadi salah satu produsen minyak terbesar, namun dengan rasio pertumbuhan PDB di tahun 2021 hanya -0,9%, membuat tingkat pengangguran mencapai 25%.

 

6. Botswana

 

Negara ini melaporkan tingkat pengangguran  sebesar 24,9%. Meski terbilang negara dengan kekayaan Sumber Daya Alam yang cukup besar (pertambangan intan, nikel, tembaga) namun Botswana sangat terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

 

7.  Grenada

Negara yang berada di Sisi Barat Kepulauan Karibia ini, memiliki tingkat pengangguran yang cukup besar. Tingkat pengangguran egara yang mengandalkan ekspor Pala ini mencapai 22,9%.

 

8. Eswatini

 

Eswatini adalah negara yang berada di antara Afrika Selatan dan Mozambik dengan keanekaragaman hayati-nya. Jumlah tingkat pengangguran di negara yang menganut sistem pemerintahan monarki ini mencapai 22,7%.

 

9. Lesotho

 

Negara yang berbatasan langsung dengan Afrika Selatan ini mencatatkan angka pengangguran sekitar 22,4%. Banyak masyarakatnya pun hidup di bawah garis kemiskinan, dengan penghasilan US $ 1,25 (Rp 18.750) sehari.

 

10. Gabon

 

Gabon adalah negara dengan cadangan migas (minyak dan gas bumi), besi, serta kayu yang melimpah. Sayangnya, kekayaan tersebut belum mampu menekan angka pengangguran yang mencapai 20,4%, lantaran masih sangat ketergantungan akan tenaga kerja asing.

(Abdul)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

empat provinsi baru di Papua

4 Provinsi Baru Papua Siap Gelar Pemilu

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022, tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha