Menu

Play Video

Pemkot Surabaya Akan Bangun Rumah Sakit di Surabaya Timur pada 2023

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Kota Surabaya berencana akan membangun Rumah Sakit di Wilayah Surabaya Timur pada tahun 2023 mendatang.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina.

 

Nanik merinci, pembangunan Rumah Sakit (RS) Surabaya Timur akan berdiri di lahan seluas 17700 m² dan menjadi proyek multi year, dengan total anggaran sekitar Rp 500 miliar. Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya.

 

“Anggaran tahap pertama di tahun 2023, sekitar Rp 202 miliar, yang tahun berikutnya sekitar Rp 300 miliar. Rumah sakit Surabaya Timur nantinya akan tetap menjadi rumah sakit umum, tapi dengan konsentrasi atau spesialisasinya ke ibu dan anak,” kata Nanik, Kamis (29/12/2022).

 

Persiapan yang sedang dilakukan oleh pihaknya saat ini adalah menyiapkan tim teknis, dokumen pendukung serta syarat administrasi dan kemudian melakukan lelang pada awal tahun 2023.

 

Lokasi pembangunan rumah sakit yang dipilih ini nanti, berada di Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut.

 

“Lokasinya di MERR, di dekat calon gedung Universitas Terbuka, rencana nanti 8 lantai, ada 2 tower,” jelasnya.

 

Dengan adanya rencana ini, Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya Khusnul Khotimah akan meminta hasil dari kajian Dinkes mengenai konsentrasi RS Surabaya Timur untuk Ibu dan Anak.

 

Kajian ini nantinya menjadi langkah untuk mengambil suatu keputusan dalam pelaksanaan pembangunan RS tersebut.

 

Pihaknya juga mengungkapkan ia ingin memastikan bahwa anggarannya kesehatan yang menjadi anggaran terbesar kedua di Surabaya setelah anggaran pendidikan, nantinya tidak hanya habis untuk menyelesaikan pembangunan RS di Surabaya Timur saja.

 

“Tetapi juga untuk layanan kesehatan lainnya, preventif dan promotif yang itu berada di Puskesmas. Maka, tentunya kita membutuhkan kepastian bahwa pembangunan RS ini tidak akan mengganggu program-program kesehatan yang telah disepakati didalam APBD 2023,” pungkasnya.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha