Menu

Play Video

Izin Pusat Logistik Berikat Industri CPO Diberikan Bea Cukai

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Karena berhubungan dengan sektor pertanian (agro based industry) yang banyak berkembang di negara tropis, seperti Indonesia. Industri crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit menjadi industri strategis.

 

Cerahnya prospek komoditas CPO dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu kemajuan industri CPO.

 

Salah satu dukungan pemerintah, terwujud melalui pemberian fasilitas kepabeanan Pusat Logistik Berikat (PLB) oleh Bea Cukai kepada pelaku industri ini.

 

“Prospek perkembangan industri CPO di dalam negeri begitu pesat dan berdampak positif bagi perekenomian Indonesia, baik dari segi kontribusinya terhadap pendapatan negara, maupun besarnya tenaga kerja yang terserap. Bisa dibilang, industri minyak kelapa sawit ini dapat diharapkan menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional. Mendukung hal tersebut, pada tanggal 8 Desember 2022 lalu kami telah memberikan fasilitas PLB untuk PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Rusman Hadi, Rabu (28/12/2022).

 

Ia menjelaskan fasilitas PLB diberikan hanya dalam satu jam setelah pemaparan profil bisnis perusahaan dilakukan kepada direktur sekaligus penanggung jawab perusahaan.

 

Fasilitas tersebut ditujukan untuk mempermudah dan mempercepat akses bahan baku dan bahan penolong dari luar negeri untuk industri, menurunkan biaya logistik, serta meningkatkan produksi dan daya saing industri.

 

“Perusahaan yang mendapatkan izin PLB akan mendapatkan sejumlah fasilitas, seperti penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penangguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel (tiga tahun atau lebih), serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (impor, lokal, dan ekspor). Diharapkan melalui pemberian fasilitas ini dapat memberikan dukungan industri dalam negeri serta peningkatan daya logistik nasional,” ujarnya.

 

Disebutkan Rusman, PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai lini, seperti perdagangan CPO dan turunannya, aneka tanaman, bursa komoditas, serta jasa logistik dan tangki timbun.

 

Dimulai sejak tahun 1968, perusahaan ini yang semula merupakan Kantor Pemasaran bersama PPN Group kemudian menjadi PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara-INACOM pada tahun 2019.

 

“Kami berharap perusahaan dapat memanfaatkan fasilitas PLB sebaik-baiknya dan tetap mematuhi aturan yang berlaku,” tandas Rusman.

(Tbk/Rez/InfoPublik.id)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Jokowi Ungkap 3 Solusi Utama Atasi Banjir Jakarta

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan tiga solusi atau jalan keluar untuk bisa menghadapi satu dari sekian persoalan Jakarta, yakni banjir tahunan.  

KPU Pastikan Pemilu Sesuai Jadwal!

Putusan PT DKI Membuat Tahapan Pemilu Berjalan Sesuai Jadwal   JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU), memastikan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi 2024 akan berjalan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha