Menu

Play Video

Terima Hibah Buku Dari Perpusnas RI, Dispersip Kalsel Bantu Tiga Komunitas Literasi di Banua

BANJARMASIN, BEENEWS.CO.ID – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalimantan Selatan, Nurliani Dardie mencatat ada tiga komunitas literasi yang telah diberikan sejumlah buku oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

 

Tiga komunitas literasi yang menerima bantuan ratusan eksemplar buku, yaitu Arkalitera, Kampung Buku Banjarmasin dan Pojok Baca Polairud.

 

“Intinya kami meminta bantuan bukan hanya untuk Dispersip Palnam, tetapi juga untuk perpustakaan di Kabupaten/Kota, hingga untuk perpustakaan milik komunitas,” ujar Nurliani kepada Beenews.co.id, Sabtu (24/12/2022).

 

Sebelumnya, Nurliani langsung mengantarkan proposal fisik untuk permohonan hibah buku dari tiga komunitas kepada Perpusnas RI. Bahkan, dia mengaku ongkos kirim dari perjalanan ke Jakarta pun ditanggung oleh Dispersip Kalsel, demi meningkatkan taraf literasi di Bumi Lambung Mangkurat.

 

“Dan tentunya makin menambah minat baca anak-anak kita, semoga saja ke depan minat baca masyarakat di Kalsel semakin bertambah,” harap Nurliani.

 

Sementara itu, AKP Christugus Lirens, Kasatpolair Polresta Banjarmasin menyampaikan bahwa bertambahnya koleksi bahan buku bacaan ini bakal menunjang semangat anak-anak dalam belajar, serta meningkatkan gairah literasi di wilayahnya.

 

“Sebelum diantarkan langsung ke Jakarta, sudah saya kirim terlebih dahulu proposalnya via WA bantuan buku ini, sehingga koleksi yang ada di perpustakaan Apung Polair Polresta Banjarmasin bertambah,” ucap mantan Kadispersip Banjarbaru itu.

 

Ia bersyukur dengan adanya tambahan koleksi buku, sebab sebagian anak yang ada di bantaran sungai baik yang masih sekolah maupun yang putus sekolah dapat menambah khazanah bahan buku bacaan mereka.

 

“Bertambah koleksi buku dari Perpusnas RI, sehingga anak-anak bisa memilih apa yang mau mereka baca,” ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Founder Kampung Buku Banjarmasin, Hajriansyah menyampaikan tanda terima kasih atas hibah buku dari Perpusnas RI yang disalurkan melalui Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Pada hari Jum’at lalu, dia telah menerima 2 kotak besar yang berisi ratusan eksemplar buku demi menunjang perpustakaan miliknya tersebut.

 

“Kami memang mengajukan hibah buku ini kepada Dispersip Kalsel beberapa waktu lalu. Hal itu untuk menambah koleksi bacaan gratis di Kampung Buku agar para pengunjung dan kawan-kawan yang datang makin beragam sumber bacaannya,” jelas Hajri.

 

Hajri pun membeberkan, bahwa sejumlah buku yang diberikan itu akan diatur masing-masing judul dengan beragam genre. Kini, dia ingin menata beberapa buku yang telah disalurkan itu agar masuk ke bagian rak perpustakaannya.

 

Ke depan, ia berkomitmen dalam meningkatkan akses baca dan memajukan literasi di Kalimantan Selatan lewat Kampung Buku Banjarmasin yang didirikannya sejak 2018 lalu.

 

“Dan ini bakal menambah akses bacaan baru bagi kalangan pengunjung Kampung Buku, semoga memberi semangat baru,” harapnya.

 

Terpisah, pengurus Arkalitera, Musa Bastara mengucapkan terima kasih atas pemberian hibah buku tersebut. Kedepannya, pihaknya akan memanfaatkan dengan baik lewat program-program yang bakal disusunnya di tahun 2023.

 

“Selanjutnya bakal kami buktikan bahwa buku itu berguna dalam menunjang kegiatan dari komunitas Arkalitera, melalui program-program yang belum dapat kami beberkan, tunggu saja kejutannya,” ungkap cerpenis asal Gudang Hirang, Kabupaten Banjar.

 

Musa menyebutkan, kelompoknya terdiri dari kalangan muda yang bergairah dalam meningkatkan dunia literasi di Kalimantan Selatan. Perlahan menurutnya mereka akan menyasar di beberapa Kabupaten/Kota, namun saat ini hanya dapat terfokus di Banjarmasin dan Banjarbaru.

 

“Di dalam strukturnya ada Rafii Syihab, Abdul Karim, Syahrul Chelsky, Muhammad Rizani, Fati Arsi dan Yesmetha. Sementara jumlah kami segitu, tidak menambah agar memudahkan pergerakan,” ungkapnya.

 

Ia pun menceritakan di bulan Januari bakal ada kejutan yang dilakukan oleh Komunitas Arkalitera. Semenjak lama tidak berkegiatan, ia mengaku pihaknya ingin menata ulang yang mestinya harus diperbaiki, serta mengembangkan keorganisasian tersebut.

 

“Orientasinya memang kita menyasar ke anak muda. Dalam artian muda dalam berkarya dan usia,” tandasnya.
(Rahim)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha