Menu

Play Video

Target Pemerintah di 2023: Defisit APBN 2,84 Persen

JAKARTA, BEENEWS.CO – Menghadapi ketidakpastian perekonomian global pada tahun 2023, Pemerintah, dalam APBN 2023 telah menetapkan defisit sebesar 2,84 persen terhadap PDB, atau setara dengan Rp 598,2 triliun.

 

Langkah ini diyakini akan mencerminkan penyehatan negara dan konsolidasi fiskal yang kredibel serta tepat waktu.

 

“Tahun depan kita targetnya 2,84 persen. Ini early consolidation yang memberikan sinyal bagi pasar domestik dan global,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu, Rabu (21/12/22).

 

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Fabrio, dalam kegiatan Stakeholders Gathering 2022, yang mengangkat tema “Sinergi Pembiayaan APBN yang Adaptif dan Inovatif dalam menghadapi Dinamika Perekonomian Global.”

 

Dimana akan banyak indikator yang akan membuat 2023 menjadi tahun yang penuh ketidakpastian.

 

“Ketidakpastian 2023 mungkin akan cukup comparable dengan 2022. Perang mungkin masih tetap ada, geopolitik masih tetap ada, lockdown China juga akan cukup berat juga. Tapi bagaimana pemerintah dengan kebijakan memberikan kepastian. Indikatornya jelas, APBN-nya kita bikin sehat,” tambah Fabrio.

 

Dengan penetapan target tersebut, Fabrio yakin, pemerintah akan merubah sinyal ketidakpastian, yang nantinya akan dapat mengundang lebih banyak modal asing untuk bisa masuk ke Indonesia.

 

“Capital inflow akan terus kita jaga dan maintain dari sisi pemerintah untuk membuat iklim kepastian itu di tengah turbulensi yang terjadi,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Kementerian Keuangan telah melaporkan, bahwa hingga 14 Desember 2022 kemarin, defisit anggaran APBN 2022 berada di angka 1,22 persen. Dan jika dibandingkan dalam periode yang sama di tahun lalu, hanya sebesar 3,6 persen dan menunjukkan penyehatan yang cukup signifikan.
(Abdul)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Pemprov DKI Imbau Warga Pendatang Baru Lapor RT/RW

Kepala Disdukcapil, Budi Awaluddin, Imbau Warga Pendatang Baru untuk Lapor RT/RW   JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha